Home / Rubrik / Berita

Sarana Air Bersih dan MCK yang Layak dari Rumah Yatim Jabodetabek Siap Digunakan Para Santri Ponpes Khoirul Huda

gambar-headline
Lebak, Banten Post Views: 3

Rumah Yatim regional Jabodetabek telah selesai merampungkan pembangunan MCK dan sarana air bersih untuk Pondok Pesantren Khoirul Huda

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Pada Ahad, (11/02/24) tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek telah selesai merampungkan pembangunan sarana prasarana dalam waktu kurang lebih dua pekan, bantuan ini berupa pengeboran air bersih dan pembangunan MCK Ponpes Khoirul Huda yang beralamat di Desa Parakan Lima, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten. 

 

Sekarang MCK di Ponpes Khoirul Huda telah siap digunakan oleh para santri dengan layak dan nyaman. 

 

Rumah yatim regional Jabodetabek menyalurkan bantuan ini, karena melihat kondisi para santri tidak mempunyai fasilitas MCK, sehingga ketika ingin wudhu ataupun mandi mereka harus menuju ke sumber air yang jaraknya sangat jauh.

 

Tidak adanya sumur atau sumber air bersih air bersih dan MCK di pondok ini membuat mereka kesulitan bahkan hanya sekedar wudhu. Para santri setiap hari terpaksa harus berjalan ke lembah untuk berwudhu di kubangan air dekat sawah warga sekitar.

 

Dulu banyak santri yang mondok di Ponpes Khoirul Huda. Akan tetapi beberapa dari mereka ada yang memutuskan untuk berhenti dan keluar sebab kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk bersuci, walaupun terpaksa tak bisa lagi menimba ilmu agama.

 

Tim Rumah Yatim berinisiatif untuk membangunkan MCK untuk Ponpes Khoirul Huda. 

 

Dengan rampungnya pembangunan MCK dan air bersih membuat para santri sangat senang sekali, salah satunya ialah Nadia. 

 

Nadia adalah salah satu santriwati asal Lampung yang telah mondok di Pondok Pesantren Khoirul Huda selama 6 tahun. Ia mempunyai cita-cita menjadi ustadzah, keinginannya untuk mondok di Ponpes modern terkendala biaya. Sedangkan di Pondok ini Nadia tidak harus mengeluarkan biaya.

 

Semoga para santri Pondok Pesantren Khoirul Huda bisa merasakan kenyamanan MCK baru yang layak. 

 

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk para santri Pondok Pesantren Khoirul Huda, serta menjadikan amal jariyah bagi para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 minggu yang lalu