Home / Rubrik / Berita

Apakah Warna Kehitaman di Bagian Leher Gejala Penyakit Diabetes?

gambar-headline
Indonesia Post Views: 19

Apakah kita, keluarga, saudara, atau teman kita ada yang memiliki warna kehitaman di bagian leher dan susah dihilangkan? 

 

Apa benar kehitaman di bagian leher merupakan gejala dari penyakit diabetes? Berikut ini terdapat penjelasannya mengenai hal tersebut. 

 

Leher seseorang yang menghitam bisa menjadi tanda dari akantosis nigrikans yang dapat terjadi oleh siapa saja, terutama bagi penderita obesitas. Leher menghitam bisa termasuk dari gangguan kesehatan. 

 

Faktor yang mengakibatkan adanya leher menghitam ialah karena peningkatan kadar insulin serta resistensi insulin. Mayoritas penderita akantosis nigrikans mengalami resistensi insulin yang mengakibatkan insulin menjadi tidak efektif serta mengakibatkan kadar gula darah meningkat, sehingga dapat menjadi diabetes tipe 2.

 

Resistensi insulin tersebut menyebabkan pada sel-sel kulit yang akan berganti lebih cepat dan mengakibatkan warna kulit menjadi lebih gelap daripada warna kulit di sekitarnya. 

 

Selain dari resistensi insulin, faktor lain yang menyebabkan leher menghitam adalah terdapatnya gangguan pada hormon, autoimun, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga kanker dan sebagainya. 

 

Pada umumnya kulit kehitaman di leher tersebut selain dari memiliki warna lebih gelap juga terasa lebih kering, tebal, bertekstur kasar, gatal dan terkadang bisa menimbulkan bau. Keluhan tersebut juga tidak bisa hilang hanya dengan diusap maupun dibersihkan menggunakan sabun. 

 

Oleh sebab itu apabila ciri-ciri tersebut muncul terjadi, sebaiknya cepat memeriksakan ke dokter untuk lebih memastikan kondisi kadar gula darah supaya bisa cepat teratasi sedini mungkin jika diketahui adanya gejala diabetes. 

 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu