Home / Rubrik / Berita

Fungsi Rotasi Jabatan Dalam Organisasi

gambar-headline
Bandung Post Views: 38

Untuk menjaga kualitas kinerja sebuah organisasi tentunya dibutuhkan penyegaran serta perputaran dalam setiap lini pekerjaanya , sebagai sebuah upaya untuk memunculkan insight serta ide baru.

 

Jika merujuk Kasmir (2016: 72) unsur-unsur rotasi adalah sebagai berikut: 1. Kemampuan kerja 2. Sikap kerja 3. Kondisi kerja 4. Sikap pribadi Ad.1 Kemampuan kerja Rotasi yang dilakukan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan karyawan. Serta penguasaan pekerjaan setelah dilakukannya rotasi. Perputaran pegawai atau tugas kerja tersebut akan menempatkan setiap SDM di posisi yang tepat. Melalui hal ini, perusahaan juga bisa memaksimalkan kinerja karyawan supaya bisa lebih produktif dan bersaing dalam industri yang semakin kompetitif.

 

Kualitas sumber daya manusia ditandai dengan SDM yang kreatif, memiliki kemampuan serta kemauan yang tinggi. Sumber daya manusia itu bersifat dinamis dan memiliki kemampuan untuk terus berkembang, sehingga perlu mendapatkan perhatian dari pihak organisasi, untuk benar-benar mendorong potensi dari setiap karyawan nya.

 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, diantaranya adalah pengalaman sebagai langkah untuk melaksanakan frekuensi dan jenis tugas sesuai dengan kemampuannya dan penempatan sebagai upaya menciptakan efektifitas efisiensi, ketidak mampuan karyawan dalam penyelsaian tugas akan berakibat kepada over recruitment yang berdampak kepada meningkatnya biaya operasional organisasi. Tingginya biaya operasional yang berkepanjangan akan menyebabkan kesehatan kinerja keuangan organisasi kurang sehat, yang dapat menyebabkan ketercapaian goals yang telah di tetapkan terhambat.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

1 bulan yang lalu