Home / Rubrik / Berita

Rumah Yatim Lakukan Aksi Kebaikan dan Salurkan Bantuan Dalam Menanggulangi Bencana Banjir di Bandung Raya

gambar-headline
Bandung Post Views: 14

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim tetap semangat dalam melakukan aksi kebaikan, pada Sabtu dan Minggu (13-14/01/24) relawan Rumah Yatim kembali melaksanakan kegiatan bantuan untuk warga Bandung Raya yang terdampak bencana banjir.

 

Tim relawan Rumah Yatim menyediakan dapur hangat dan membagikan air dan nasi bungkus untuk sarapan kepada anak-anak dan warga di posko pengungsian SMP 1 Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kemudian diadakannya juga kegiatan trauma healing guna untuk mengurangi trauma pada korban pasca bencana banjir. Diketahui terdapat 380 jiwa dari total 634 jiwa warga yang terkena dampak banjir kawasan Bandung Selatan masih mengungsi di SMP 1 Dayeuhkolot sebab masih adanya genangan banjir dan lumpur di beberapa titik wilayah permukiman.

 

Posko hangat didirikan Rumah Yatim sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Bandung Raya yang terkena dampak dari bencana banjir yang terjadi pada Kamis, (11/01/24) petang karena hujan deras yang terus-menerus terjadi dan membuat debit air sungai Cikapundung meningkat sehingga membuat tanggul jebol.

 

Di posko tersebut Rumah Yatim menyediakan berbagai makanan dan minuman serta tersedianya fasilitas kesehatan untuk memenuhi kebutuhan para korban bencana banjir. 

 

Di hari Minggu pagi tim relawan Rumah Yatim kembali melaksanakan beberapa kegiatan di Dayeuhkolot dan Baleendah, diantaranya melakukan asesmen terhadap anak Yatim, bersih-bersih wilayah yang terkena dampak banjir dan asesmen aduan Dinsos. 

 

Kemudian pada siang hari dilanjutkan dengan kegiatan penyaluran ke anak yatim dan penderita penyakit hidrosefalus di beberapa wilayah diantaranya di RT 1/21 Desa Baleendah, RT 02/ 05 Desa Bojong Asih, dan Penyaluran Dapur Umum RT 01/09 Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, serta dilanjutkan ke daerah Braga dengan melaksanakan penyaluran alat kebersihan dan pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan.

 

Para korban bencana banjir sangat bersyukur dan berterimakasih kepada tim relawan Rumah Yatim dan para donatur yang selalu peduli serta siap siaga membantu para korban bencana banjir di Bandung Raya.

 

Semoga dengan diberikannya bantuan ini dapat bermanfaat bagi para korban bencana banjir, serta dapat membantu setidaknya meringankan beban para korban bencana banjir Bandung Raya. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

3 bulan yang lalu