Home / Rubrik / Berita

Kapan Saat yang Tepat untuk Membayar Zakat Fitrah?

gambar-headline
Indonesia Post Views: 65

Pada bulan Ramadhan terdapat ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat muslim yaitu puasa Ramadhan dan juga zakat fitrah. Zakat fitrah ialah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan dalam agama Islam oleh setiap muslim sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

 

Mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah? 

 

Zakat fitrah sendiri mempunyai waktu yang paling utama untuk ditunaikan oleh umat muslim dan disarankan tidak memperlambat untuk membayarnya. Dilansir dari laman baznas.jogjakota di bawah ini akan dijelaskan mengenai waktu yang paling utama dalam menunaikan zakat fitrah. 

 

1. Sebelum Hari Raya Idul Fitri

Waktu yang paling utama untuk menunaikan zakat fitrah ialah sebelum datangnya Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut seiring dengan hadis dari Abu Hurairah yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW mewajibkan zakat fitrah untuk dibayar sebelum shalat Idul Fitri. 

 

Oleh sebab itu umat Islam dianjurkan agar menunaikan zakat fitrah sebelum datangnya Hari Raya Idul Fitri supaya bisa memenuhi kewajiban yang sudah ditentukan.

 

2. Sesudah Matahari Terbenam pada Malam Takbiran

Apabila kita belum memiliki waktu atau belum sempat membayar zakat fitrah sebelum datangnya Hari Raya Idul Fitri maka waktu yang paling utama berikutnya ialah sesudah terbenamnya matahari di malam takbiran. 

 

Hal tersebut seperti yang dijelaskan dalam hadis dari Ibnu Umar yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW mewajibkan zakat fitrah untuk dibayar sebelum orang-orang keluar untuk menunaikan shalat Idul Fitri. Oleh sebab itu umat muslim bisa membayar zakat fitrah di malam takbiran, sebelum kita melaksanakan shalat Idul Fitri. 

 

3. Sebelum Matahari Terbit di Hari Raya Idul Fitri

Kemudian waktu yang paling utama yang terakhir untuk membayar zakat fitrah yaitu sebelum matahari terbit di Hari Raya Idul Fitri. Walaupun waktu tersebut dinyatakan cukup riskan, akan tetapi tetap dianjurkan untuk menunaikan zakat fitrah di waktu tersebut, apabila seseorang tersebut belum sempat menunaikannya di waktu sebelumnya. 

 

Hal tersebut juga telah dinyatakan dalam hadis dari Abdullah bin Umar yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW mewajibkan zakat fitrah untuk dibayar sebelum orang-orang pergi melaksanakan shalat Idul Fitri.

 

Sesungguhnya seseorang yang menunaikan zakat fitrah di waktu yang paling utama, orang tersebut akan mendapatkan keberkahan dan keutamaan tersendiri. Selain itu zakat fitrah ini merupakan sarana dalam mempererat tali silaturahim antar umat muslim dan sebagai cara untuk membantu meringankan beban mereka orang-orang yang membutuhkan. 

 

Oleh sebab itu umat muslim diharapkan agar tidak memperlambat dalam menunaikan zakat fitrah, dan lebih baik menyegarakan menunaikan zakat fitrah di waktu yang telah ditetapkan. 

 

Itulah penjelasan mengenai waktu yang paling utama untuk menunaikan zakat fitrah bagi seorang muslim, semoga bermanfaat. 

 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 minggu yang lalu