Home / Rubrik / Berita

Anjuran Shalat Berjamaah Beserta Makna dan Keutamaannya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 236

Seorang muslim sangat dianjurkan untuk melaksanakan shalat berjamaah dibandingkan dengan shalat sendirian. Dengan melaksanakan shalat berjamaah, tentunya terdapat makna dan keutamaan keutamaannya. 

 

Seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut. 

 

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

 

Artinya: Dan Rasulullah SAW bersabda, "Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat," (HR Bukhari dan Muslim)

 

Oleh sebab itu setiap muslim seharusnya bisa memahami mengenai makna shalat berjamaah. Berikut ini penjelasan mengenai makna dari shalat berjamaah beserta keutamaannya. 

 

Shalat adalah serangkaian pekerjaan, bacaan, serta doa-doa. Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang harus dipatuhi oleh seorang muslim.

 

Kemudian berjamaah atau jamaah yaitu shalat bersama-sama yang dilaksanakan lebih dari satu orang yang seorang menjadi imam, dan lainnya menjadi makmum.

 

Seperti yang tertera pada hadist berikut, dari Abu Umamah, ia berkata, "Seseorang datang tidak mendapatkan sholat. Maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya, 'Sholatlah'. Lalu bersabda, 'Adakah seseorang yang hendak bersedekah, sholatlah bersamanya?' Maka berdirilah seseorang dan sholat bersamanya. Maka Rasulullah SAW bersabda, 'Inilah jamaah'." (HR Ath-Thabrani)

 

Dengan melakukan shalat berjamaah seorang muslim akan mendapatkan keutamaan yaitu pahala yang berlipat daripada melaksanakan shalat sendirian atau munfarid. 

 

Dari Abu Hurairah RA, ia mengatakan, "Sesungguhnya Nabi SAW telah bersabda, 'Sholat seseorang di dalam berjamaah bertambah di atas sholat di rumahnya serta sholat di pasarnya dua puluh lebih derajat." (HR Bukhari dan lainnya)

 

Kemudian keutamaan shalat berjamaah yang berikutnya ialah dilakukan minimal oleh dua orang. Dari Al-Hakam bin Umair As-Tsamili, ia mengatakan, "Rasulullah SAW telah bersabda, 'Dua orang dan (bilangan) seterusnya adalah berjamaah'." (HR Ibnu Majah). 

 

Lalu keutamaan berikutnya dari shalat berjamaah ialah yang dilakukan lebih banyak jamaah akan lebih baik. Rasulullah SAW menyebarkan kabar gembira dengan motivasi supaya memperoleh kebaikan lebih, yaitu dengan mengusahakan supaya jumlah jamaah yang melaksanakan shalat berjamaah lebih banyak.

 

Dari Ubay bin Kaab, ia mengatakan, "Rasulullah SAW telah bersabda. 'Shalat seseorang dengan seorang lainnya lebih subur (baik) dari shalat sendirian (munfarid), dan sholatnya bersama dua orang lainnya lebih subur dari sholat dengan seorang lainnya, dan yang lebih banyak lagi, maka itu lebih dicintai oleh Allah Azza wa Jalla'." (HR Abu Daud dan lainnya)

 

Kemudian keutamaan dari shalat berjamaah ialah dilihat dari setiap langkah menuju masjid akan dihitung sebagai pahala oleh Allah SWT. Allah SWTbmenghitung setiap langkah hamba-hambanya yang berpergian ke masjid dengan pahala yang semakin jauh jarak rumah terhadap masjid, maka semakin banyak pula pahala yang akan diperoleh hambaNya. 

 

Dari Abu Musa, ia berkata, "Rasulullah SAW telah bersabda, 'Sesungguhnya manusia yang paling besar pahalanya dalam urusan sholat adalah yang paling jauh berjalannya untuk menuju sholat itu. Adapun orang yang menunggu (di masjid) sampai melakukan sholat itu bersama imam lebih besar pahalanya daripada yang sholat lalu tidur." (HR Muslim)

 

Ayo kita perbanyak pahala dan dapatkan keutamaan-keutamaan dari shalat berjamaah dengan mengusahakan untuk selalu salat berjamaah. 

 

Semoga kita diberikan kesehatan, kekuatan iman untuk selalu melaksanakan ibadah dan amalan kebaikan yang akan menolong kita di akhirat kelak. 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu