Home / Rubrik / Berita

Puasa Sehat dengan Buka dan Sahur Ala Rasulullah

gambar-headline
Indonesia Post Views: 536

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang mulia dan penuh berkah. Seluruh umat Muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa. Selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan tentunya kita melaksanakan juga sahur dan berbuka puasa. 

 

Namun memilih menu makanan pada saat sahur dan berbuka puasa merupakan hal yang lumayan membingungkan. Kita tidak boleh mengkonsumsi makanan yang sembarangan yang bisa berdampak buruk untuk kondisi tubuh kita, yang bisa menyebabkan ibadah di bulan Ramadhan menjadi terganggu. 

 

Oleh sebab itu penting untuk memperhatikan menu makan sahur dan berbuka puasa yang sehat, sehingga membuat kondisi tubuh selalu dalam keadaan baik. 

 

Sebaiknya kita mengikuti menu makanan yang biasa dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW pada saat sahur dan berbuka puasa. 

 

Berikut menu makanan sehat sahur dan berbuka ala Rasulullah SAW. 

 

1. Kurma dan Air Putih

Rasulullah SAW adalah seorang yang sederhana, pada saat sahur pun menu makanannya sederhana yaitu dengan kurma dan air putih.

 

Sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

“Sebaik-baik (menu) makan sahur seorang Mu’min adalah tamar (kurma).”

 

2. Susu

Nabi Muhammad SAW sering minum susu, selain minum air putih pada saat sahur dan berbuka. Susu juga disebut sebagai minuman favorit Nabi Muhammad SAW. 

 

Dari sekian banyak jenis susu Nabi Muhammad SAW ternyata penggemar susu kambing. Sunnah ini dapat dijalankan oleh umat Islam sebab susu kambing memiliki kandungan yang banyak manfaatnya. 

 

Dari berbagai jenis susu, Rasulullah SAW ternyata termasuk penggemar susu kambing, sunah ini bisa diikuti umat Muslim, karena susu kambing mengandung banyak manfaat.

 

Diriwayatkan para sahabat, Rasulullah SAW pernah mengonsumsi susu sapi, susu kambing dan susu unta. Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk meminum susu sapi.

 

"Hendaklah kalian minum susu sapi karena ia makan dari setiap pohon." (HR. Ahmad, Hakim dan Ibnu Hibban).

 

3. Kacang-kacangan

Makanan favorit Nabi Muhammad SAW berikutnya ialah kacang-kacangan. Yang menjadi kesukaan Rasulullah SAW ialah tharid, yaitu masakan kaldu dengan bahan utamanya yaitu kacang chickpea atau kacang Arab. Makanan tersebut biasa dikonsumsi Rasulullah SAW sesudah menunaikan shalat maghrib.

 

4. Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW. Adapun buah-buahan yang sering dimakan oleh Nabi Muhammad SAW ialah buah tin, buah anggur, buah zaitun, buah melon dan buah delima. 

 

Sedangkan sayuran yang sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW pada saat sahur dan berbuka puasa ialah di antaranya zucchini, bit, labu dan timun. 

 

Makan buah dan sayur sangatlah baik untuk kesehatan, karena kebutuhan tubuh akan vitamin serat dan mineral bisa terpenuhi. Tubuh pun akan terasa bugar di siang hari dan kuat menjalankan ibadah puasa. 

 

5. Daging Domba

Selain sayur dan buah nabi Muhammad SAW juga suka mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging domba. Dengan mengkonsumsi daging domba kita bisa merasakan manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti bisa mencegah anemia, menjaga kesehatan kulit, menjaga daya tahan tubuh serta mampu menjaga kesehatan saraf. 

 

Kemudian Rasulullah SAW tidak menganjurkan untuk makan secara berlebihan, terutama pada saat buka puasa. 

 

Dari Al-Miqdam bin Ma’dikarib Radhiallahu’anhu beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda,

 

“Tidaklah anak Adam mengisi wadah yang lebih buruk daripada perutnya.” (HR. Tirmidzi, dan dihasankan oleh Al- Imām At-Tirmidzi)

 

Maksud hadis tersebut ialah seorang Muslim sebaiknya tidak makan sampai melebihi batas kenyang, namun sebaiknya ia makan sesuai dengan kebutuhannya. 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu