Home / Rubrik / Berita

Mengenal Apa Itu Profesi Aktuaris

gambar-headline
Indonesia Post Views: 18

Mungkin banyak orang yang belum pernah tahu mengenai eksistesi profesi aktuaris di Indonesia. Hal tersebut karena profesi aktuaris belum populer di Indonesia dan masih sedikitnya jurusan Ilmu Aktuaria yang ada di Indonesia.

 

Profesi aktuaris merupakan salah satu pekerjaan dengan tingkat stres rendah namun memiliki gaji yang tinggi.

 

Untuk menjadi seorang aktuaris memang tidak gampang sebab dalam pekerjaannya harus menerapkan beberapa ilmu sekaligus seperti matematika sampai statistika.

 

Menurut yang dilansir dari website Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), profesi aktuaris adalah seorang ahli yang bisa mengaplikasikan teori matematika, probabilita, dan statistika.

 

Lalu seorang aktuaris juga harus menguasai pengetahuan ilmu ekonomi dan keuangan. Hal tersebut dibutuhkan supaya seorang aktuaris dapat menuntaskan persoalan terhadap sebuah bisnis yang berhubungan dengan risiko.

 

Sehingga profesi yang satu ini begitu dibutuhkan seiring dengan dinamika yang terjadi terhadap aspek ekonomi, sosial, atau regulasi yang ada di negara ini.

 

Pada umumnya, orang yang berprofesi sebagai aktuaris dapat dijumpai di sebuah perusahaan asuransi atau keuangan lainnya.

 

Sementara itu, profesi aktuaris juga diperlukan di bidang lain yang membutuhkan kemampuan kuat tentang analisis dan logika.

 

Dilansir dari The Balance Careers, di bawah ini ialah beberapa tugas dan tanggung jawab yang dikerjakan oleh seorang aktuaris.

 

1. Menganalisis data statistik yang sudah dikumpulkan.

2. Membuat hipotesa menganai probabilitas dan kemungkinan biaya untuk suatu kejadian, contohnya kematian, kecelakaan, bencana alam, atau penyakit.

3. Merancang desain, menguji, dan mengelola kebijakan demi meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan.

4. Mempresentasikan proposal dan hasil temuan terhadap pihak terkait, seperti klien, pemegang saham, eksekutif perusahaan, bahkan pejabat pemerintah.

 

Mayoritas seorang yang berprofesi sebagai aktuaris bekerja di sebuah perusahaan asuransi jiwa. Sehingga tanggung jawab pekerjaannya berkaitan dengan merancang produk asuransi, sampai menentukan premi, dan keuntungan sebuah produk.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 minggu yang lalu