Home / Rubrik / Berita

Singkirkan Flek Wajah Dengan Bahan Alami Ini

gambar-headline
Bandung Post Views: 38

Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang sering dialami perempuan. Umumnya, ia muncul jika kulit terlalu sering terpapar matahari. Hal ini karena sinar matahari meningkatkan produksi sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin atau pigmen pengatur warna kulit.

 

Dari seluruh bagian tubuh, wajah adalah bagian yang paling rawan mengalami flek hitam. Pasalnya, wajah hampir terpapar matahari sepanjang waktu.

 

Flek hitam pada wajah sering sekali mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Kondisi ini terkadang membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah?

 

Dengan perawatan yang tepat dan penggunaan bahan alami, kamu dapat mencapai kulit wajah yang lebih bersih dan bebas dari flek hitam. 

 

Berikut tips singkirkan flek hitam dengan bahan alami :

 

 

1. Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki efek menenangkan dan mendinginkan kulit, serta membantu meratakan warna kulit. Lidah buaya juga mengandung aloin yang memiliki berbagai khasiat bagi kulit.

 

Senyawa tersebut mampu mencerahkan kulit akibat hiperpigmentasi sehingga dapat memudarkan flek hitam pada wajah. Itu sebabnya, lidah buaya bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami.

 

Oleskan gel lidah buaya segar pada area flek hitam dan biarkan meresap beberapa waktu. Setelah meresap, bilas wajah sampai bersih.

 

2. Teh hijau

 

Teh hijau memiliki sifat depigmentasi sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah.

 

Kamu bisa menggunakan air rebusan teh hijau dan oleskan pada wajah secara rutin. Setelah mengering, bilas menggunakan air. Jangan lupa gunakan pelembap untuk membuat kulit menjadi lebih sehat.

 

3. Sari tomat

Tomat mengandung likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencerahkan kulit.

 

Manfaat tomat dapat terasa akibat tingginya kandungan likopen pada tomat yang bisa membantu melindungi dan mencerahkan kulit.

 

Kamu bisa menggunakan sari tomat segar pada wajah sebagai toner alami. Caranya, siapkan tomat yang sudah agak lembek. Hancurkan sampai keluar sari-sarinya.

 

Kemudian, oleskan sari tomat ke wajah sampai merata. Biarkan mengering lalu bilas wajah sampai bersih.

 

4. Yoghurt dan lemon

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami juga bisa dengan memanfaat kedua bahan ini. Bahan pertama yang bisa kamu coba adalah yoghurt dan lemon.

 

Buat masker dari bahan ini sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Asam laktat dalam yoghurt bisa menjadi zat pencerah kulit alami. 

 

Sedangkan kandungan vitamin C dalam lemon bisa mengurangi pigmentasi. Untuk membuat masker ini, campurkan yoghurt, lemon dan tepung gram sampai berbentuk pasta. 

 

Campuran tepung gram ini bisa menjadi scrub alami sehingga membantu proses pengelupasan kulit. Hal ini bisa menjadi cara agar flek hitam di wajah cepat mengelupas sehingga mengurangi hiperpigmentasi. 

 

Setelah jadi, oleskan ke seluruh wajah leher, dan area bermasalah lainnya. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas.

 

5. Madu

 

Madu mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa membantu meredakan peradangan dan mencerahkan kulit. Untuk membuat masker, campurkan madu murni dengan bahan alami lainnya seperti yogurt atau tepung beras.

 

Aduk seluruh bahan tersebut sampai menjadi pasta. Kemudian, oleskan ke bagian wajah yang mengalami flek hitam. Biarkan selama 3-5 menit, lalu bilas sampai bersih. 

 

6. Pepaya

Kandungan enzim papain dalam pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Kamu bisa menggunakan buah ini sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami.

 

Jika kamu ingin membuat maskernya, siapkan pepaya yang sudah matang. Haluskan pepaya, kemudian oleskan ke wajah selama beberapa menit.

 

Jika sudah mengering, bilas wajah sampai bersih. 

 

8. Minyak kelapa

Bahan yang satu ini mengandung asam lemak dan vitamin E yang dapat membantu melembapkan kulit serta meratakan warna kulit. Itulah sebabnya, minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami.

 

Gunakan minyak kelapa sebagai pelembap alami setelah membersihkan wajah. Kamu bisa menggunakan kapas saat akan mengusapkannya ke kulit wajah.

 

9. Susu

Bahan selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami adalah susu. Kandungan asam laktatnya bisa membantu mencerahkan warna kulit. 

 

Untuk mendapatkan manfaatnya, rendam bola kapas ke dalam susu. Kemudian oleskan ke seluruh area wajah.

 

Biarkan selama 20-30 menit sampai nutrisinya meresap ke dalam kulit. Jika sudah mengering, bilas wajah sampai bersih. Kamu bisa melakukan perawatan ini 1-2 kali sehari. 

 

10. Pisang

Bukan hanya untuk menambah tenaga dalam tubuh, nyatanya pisang juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Manfaat ini bisa kamu rasakan karena pisang mengandung retinol dan vitamin A yang mampu mencerahkan kulit.

 

Kamu bisa menggunakan masker wajah dari pisang yang sudah halus pada wajah. Diamkan beberapa saat hingga kering. Kemudian, bilas menggunakan air.

 

11. Kunyit

Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang terkenal mampu mencerahkan kulit wajah. Sebab kunyit mengandung antioksidan yang mampu mencerahkan flek hitam. 

 

Gunakan kunyit sebagai masker wajah. Kamu bisa membuat dengan cara mencampurkan bubuk kunyit dan madu. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit dan jangan biarkan masker kunyit semalaman.

 

Setelah kering, segera bersihkan masker kunyit. Itulah cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan menggunakan kunyit.

 

 

12. Gandum

 

Masker oatmeal mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang suka maskeran dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain sehat untuk dikonsumsi, oatmeal juga dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam di wajah. 

 

Caranya dengan mencampurkan oatmeal yang sudah dihaluskan lalu tambahkan peran lemon hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah tunggu hingga 20 menit atau sampai masker mengering, lalu cuci bersih wajah. 

 

13. Cuka Apel

 

Cuka apel selain sering dimanfaatkan dalam makanan. Bahan alami yang satu ini juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah. 

 

Caranya mencampurkan cuka apel dengan gula, lalu oleskan scrub cuka apel dan gula tersebut ke wajah, gosok dengan lembut lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas wajah dengan air. 

 

 

Itulah cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami. Bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan di rumah, pasar atau supermarket. Selamat mencoba semoga berhasil !

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

4 minggu yang lalu