Home / Rubrik / Berita

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Asam Lambung

gambar-headline
Indonesia Post Views: 33

Penyakit asam lambung tidak jarang disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti menunda makan. Kebiasaan tersebut mengakibatkan perut akan terasa nyeri sebab naiknya asam lambung. Bukan hanya menunda makan namun kenaikan asam lambung dapat dikarenakan oleh makanan dan minuman pemicu naiknya asam lambung.

 

Berikut ini terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat asam lambung naik atau bisa memperparah asam lambung. 

 

1.  Makanan Tinggi Lemak

 

Salah satu pantangan asam lambung adalah makanan tinggi lemak. Lemak bisa merangsang kolesistokinin atau hormon yang merupakan pemicu melemahnya esofagus bagian bawah. Sehingga asam lambung lebih gampang naik dan mengakibatkan sensasi panas di ulu hati.

 

Selain itu makanan yang tinggi lemak membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pencernaan. Sehingga untuk mengosongkan makanan dalam organ lambung menjadi lambat dan mengakibatkan produksi asam lambung menjadi meningkat. 

 

2. Coklat

 

Coklat mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan, namun di samping itu coklat juga bisa menyebabkan gejala penyakit asam lambung jadi kambuh apabila mengkonsumsinya secara berlebihan. Coklat bisa melemaskan otot pada katup kerongkongan kemudian menjadi pemicu makanan dan isi lambung kembali naik. 

 

Coklat juga mempunyai potensi dalam meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu penderita asam lambung akan merasakan sensasi panas dan perih di perut bagian atas serta di dada. 

 

3. Bawang-bawangan

 

Dengan kita mengkonsumsi berbagai jenis bawang-bawangan seperti bawang putih bawang bombay ataupun bawang merah ternyata bisa melemahkan otot kerongkongan bagian bawah sehingga membuat asam lambung mudah naik ke kerongkongan dan bisa memunculkan gejala maag. Di samping itu bawang juga mempunyai rasa pedas dan dapat berpotensi meningkatkan produksi asam lambung dan bisa membuat iritasi lambung.

 

4. Buah Citrus

 

Sebagai sumber vitamin C yang banyak ternyata buah sih Terus memiliki dampak yang kurang baik bagi penderita asam lambung sehingga para penderita asam lambung harus berhati-hati dalam mengonsumsi buah citrus ini. Jenis buah Citro seperti lemon dan jeruk memiliki potensi dalam memicu peningkatan asam lambung. 

 

5. Makanan Pedas

 

Faktanya, makanan pedas merupakan makanan pantangan bagi penderita asam lambung. Rasa pedas yang dihasilkan dari zat capsaicin di cabai yang mana zat tersebut bisa memperparah iritasi lambung. 

 

Bukan hanya menyebabkan iritasi lambung, namun zat capsaicin juga bisa memperlambat kerja sistem pencernaan pada saat makanan terlalu lama terkumpul dalam perut, maka resiko penyakit asam lambung akan semakin tinggi. 

 

Itulah beberapa makanan yang bisa memperparah asam lambung atau pantangan yang tidak boleh dimakan pada saat asam lambung. 

 

Kita harus lebih bijak memilih makanan yang baik untuk kesehatan tubuh kita dan sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan gizi yang kita butuhkan. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu