Home / Rubrik / Berita

Manfaat Matahari Pagi Bagi Kesehatan

gambar-headline
Indonesia Post Views: 79

Matahari di pagi hari sangat baik bagi kesehatan tubuh, dengan kita berjemur di pagi hari, kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kita.

 

Selain baik bagi kesehatan dan imunitas tubuh, matahari di pagi hari juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

 

Seperti dilansir dari laman RSUD Kertosono, berikut ini terdapat beberapa manfaat matahari pagi bagi kesehatan.

 

1. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat matahari pagi hari yang pertama yaitu dapat mengurangi risiko kanker tertentu. Karena kekurangan vitamin D bisa menyebabkan meningkatnya risiko kanker, seperti kanker payudara dan usus besar. 

 

Namun dengan kita melakukan berjemur di pagi hari, maka bisa merendahkan atau mengurangi risiko kanker tersebut. Drs. Frank dan Cedric Garland dari University of California melakukan pengamatan terhadap pasien kanker usus besar di New York tiga kali lebih tinggi daripada di Mexico. Selain dari itu, suplementasi vitamin D terbukti mampu menurunkan risiko pengembangan berbagai macam bentuk kanker sampai 60%.

 

2. Mampu Menghilangkan Depresi 

Manfaat matahari pagi hari yang berikutnya ialah mampu menghilangkan depresi. Apabila kita kekurangan sinar matahari maka bisa mengakibatkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD).

 

SAD yaitu depresi yang umum dirasakan ketika sedang musim dingin. Hal seperti itu juga dapat terjadi terhadap orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran yang jarang sekali keluar untuk berjemur guna mendapatkan matahari pagi.

 

Matahari di pagi hari bisa meningkatkan kadar anti depresan alami dalam otak yang bisa membantu ringankan serta menghilangkan segala bentuk depresi ringan. 

Hal tersebut disebabkan ketika mendapat matahari di pagi hari otak bisa melakukan produksi lebih banyak serotonin, yaitu bahan kimia yang bisa membuat suasana hati lebih baik.

 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat matahari pagi hari yang ketiga ialah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika kita terkena sinar matahari pagi, tubuh kita akan menghasilkan sel darah putih lebih banyak yang memiliki fungsi sebagai perlindungan tubuh. 

 

Sel darah putih mempunyai peranan penting untuk melawan berbagai penyebab infeksi. Penelitian terbaru menyatakan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D akan lebih gampang sakit dan terkena penyakit parah seperti kanker dan penyakit jantung. Mereka juga menemukan bahwa vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari langsung akan lebih efektif dan bernilai apabila dibandingkan dengan suplemen vitamin D.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat sinar matahari pagi hari yang selanjutnya ialah supaya meningkatkan kesehatan tulang. Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin D mampu merangsang penyerapan fosfor dan kalsium yang bisa menguatkan tulang. Akan tetapi bukan hanya itu saja, vitamin D3 juga ternyata mempunyai peranan penting bagi kepadatan tulang. Vitamin D3 yaitu vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D saat sinar matahari mengenai kulit. Hal itu mampu mengatur penyerapan kalsium. apabila kita mempunyai kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi dalam darah, maka dapat mengurangi risiko menderita patah tulang dan begitupun sebaliknya. 

 

5. Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat matahari pagi hari yang kelima ialah bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tidur. Hal tersebut disebabkan ketika sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal dalam otak dan produksi melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur) ditutup hingga matahari terbenam lagi. Sinar matahari menjadikan tubuh memppunyai gambaran yang jelas bahwa ini bukanlah malam hari, sehingga hal itu akan membantu dalam mempertahankan ritme sirkadian yang normal. Pada saat di luar mulai gelap maka tubuh akan memperoleh gambaran yang jelas, sehingga kita merasa lelah dan mengantuk saat memasuki waktu tidur.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari sinar matahari pagi. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

5 bulan yang lalu