Home / Rubrik / Berita

Rumah Yatim Padang Ringankan Beban Rhazaq Anak Penjual Gorengan dengan Beri Santunan Tunai Biaya Hidup

gambar-headline
Sumatera Barat Post Views: 7

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Padang telah menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup tahap pertama untuk Rhazaq sebagai penerima manfaat, pada Sabtu, (10/02/24). 

 

Tim relawan Rumah Yatim cabang Padang mengunjungi kediamannya Rhazaq untuk memberikan bantuan biaya hidup secara langsung tepatnya di Kelurahan Batu Taba Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. 

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Adapun jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari Rhazaq dan keluarganya. 

 

Rhazaq (12) adalah anak yatim, ayahnya telah meninggal 5 tahun yang lalu. Bocah ini membantu ibu dan merawat adiknya serta agar bisa terus bersekolah ia rela untuk berjualan gorengan keliling. Kakak nya juga telah meninggal karena penyakit.

 

Setiap hari sesudah pulang sekolah, ia bergegas jualan gorengan dan gorengan yang dijual ialah milik orang lain, Rhazaq hanya menjualkan saja. Satu gorengan dijual hanya seribu rupiah, dalam sehari ia hanya memperoleh uang Rp15.000 sampai Rp20.000 itu juga apabila gorengan yang dijualnya laku terjual.

 

Seringkali gorengannya tidak laku dan jika gorengan yang dijualnya tidak ada yang membeli sama sekali, Rhazaq hanya diupah dengan gorengan. 

 

Dengan upah tersebut ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan sekolahnya serta membantu ibunya untuk membayar kontrakan. Ibunya hanya bekerja sebagai buruh cuci. Apalagi sudah 5 bulan ini kontrakannya menunggak. 

 

Sekarang ini Rhazaq duduk di bangku kelas 1 SMP sedangkan adiknya Zahra (10) duduk dibangku kelas 4 SD. Perlengkapan sekolah mereka adalah pemberian dari tetangganya. Rhazaq dan adiknya ingin sekali mempunyai seragam sekolah baru, namun apa daya mereka tidak memiliki uang untuk membeli yang baru. 

 

Berkat bantuan biaya hidup ini Rhazaq dan keluarganya sangat terbantu sekali, mereka pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim cabang Padang, serta kepada para donatur yang telah berbagi rezekinya melalui program ini. 

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk Rhazaq dan keluarganya, serta menjadi amal jariyah untuk para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 minggu yang lalu