Home / Rubrik / Berita

Siapkah Anak Anda Jalankan Puasa Pertamanya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 36

Sebagai orangtua yang telah memiliki buah hati tentunya kita harus memperkenalkan kebiasaan yang bersifat keagamaan kepada buah hati kita sejak dini . Agar ia dapat berlatih dan memaknai ritual ke agamaan serta terkoneksi dengan Allah SWT dari usia belia.

 

Ibadah puasa wajib dilakukan untuk semua Muslim yang sudah baligh. Artinya, sebenarnya anak-anak tidak diwajibkan puasa. Namun, ibu bisa mengenali tanda anak siap puasa dan mulai mengajarinya.

 

Sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan Yang mana di dalamnya terkandung berjuta kebaikan , biasanya anak-anak mulai di ajarkan untuk melakukan puasa ramadhan oleh orangtuanya, hal apa saja yang menunjukan kesiapan anak untuk berpuasa? yuk simak artikel ini sampai akhir : 

 

  1. Sudah dapat makan minum sendiri 
  2. Memiliki rasa ingin tahu tentang apa itu bulan Ramadhan , mengapa harus puasa dan menahal lapar di bulan Ramadhan 
  3. Sudah dapat menahan lapar dan haus , mulailah dengan cara bertahap siapkan si kecil untuk menahan lapar dan haus maksimal 5 jam dari waktu sarapan nya di hari biasa. Artinya jika pada hari biasa si kecil sarapan pukul 7 pagi maka saat ramadhan ia dapat berpuasa hingga dzuhur. lalu bisa dilanjutkan puasa hingga ashar. 
  4. Mengisi waktu puasa anak dengan kegiatan bermanfaat yang menyenangkan, seperti bermain Flash Card, Tebak Poster, Membuat Menara Dari Lego atau Bloks Kayu, atau Menggambar Dengan Tema Islami.
  5. Sudah Mahir Mengelola Emosi  Karena Sejatinya Puasa Bukan Hanya Menahan Lapar Dan Dahaga Tapi Juga Belajar Meregulasi Emosi.

 

So, bagaimana ayah bunda? sudah siapkah anak anda menjalankan ibadah puasa ramadhan ? jangan lupa perhatikan juga asupan nutrisi saat sahur dan berbuka , juga apresiasi sekecil apapun progress puasa anak ayah bunda.

 

Jangan Lupa sempurnakan amalan puasa Ramadhan dengan tunaikan sedekah di rumah-yatim.org, selamat menyambut bulan ramadhan bersama keluarga tercinta.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

1 bulan yang lalu