Home / Rubrik / Berita

Kapan waktu Olahraga yang Tepat Saat Berpuasa?

gambar-headline
Bandung Post Views: 42

Ada banyak cara untuk menjaga tubuh agar tetap bugar saat berpuasa. Salah satunya dengan berolahraga.

Berolahraga saat puasa memberikan manfaat tersendiri salah satunya mengoptimalkan kinerja hormon dan meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes.

 

Di sisi lain, olahraga saat berpuasa juga akan menjaga kesehatan otak, saraf, dan serat otot. Pentingnya olahraga saat puasa yaitu proses pembakaran lemak lebih cepat karena ketiadaan karbohidrat. Kemudian, bisa mendorong fleksibilitas, peremajaan tubuh, dan mengendalikan berat badan.

Meski begitu, berolahraga saat puasa tidak bisa dilakukan sembarangan agar tidak berdampak buruk bagi tubuh. Olahraga saat puasa harus disesuaikan waktunya agar tubuh kita terhindar dari gangguan kesehatan, salah satunya dehidrasi akibat kekurangan cairan.

 

Lantas, kapan waktu terbaik untuk berolahraga selama bulan puasa?

Jawabannya adalah di waktu malam hari setelah berbuka puasa atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. 

Kedua waktu tersebut lebih disarankan karena bisa membantu menghindari tubuh dari kekurangan cairan. Cairan yang hilang karena berolahraga pada sore hari bisa segera tergantikan setelah masuk waktu berbuka.

Sementara untuk olahraga pada malam hari bisa menghindari tubuh kekurangan cairan karena tubuh sudah kembali terhidrasi dengan asupan minuman dan makanan saat berbuka puasa. 

 

Perlu diketahui, hindari melakukan olahraga sesaat setelah buka puasa. Selain energi tubuh belum sepenuhnya pulih, langsung berolahraga setelah buka puasa bisa menghambat proses pencernaan makanan di dalam tubuh.

Selain itu, hindari melakukan olahraga mendekati waktu tidur. Sebab, malah bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari dan memicu banyak masalah lain. Hindari melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat dua jam sebelum tidur.

 

 

Selain menyesuaikan waktu berolahraga, kita juga meski menyesuaikan olahraga dari jenis olahraga dan kondisi tubuh. Adapun untuk durasi olahraga yang disarankan adalah 30 sampai 45 menit.

 

Sahabat, mari luangkan waktu untuk berolahraga, agar tubuh kita bisa tetap bugar dan bisa merasakan banyak manfaatnya. Jangan lupa perbanyak juga minum air putih agar kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi.

 

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu