Home / Rubrik / Berita

Sambut Sya'ban dengan Amalan Terbaik

gambar-headline
Indonesia Post Views: 81

Bulan Syaban diketahui mempunyai keistimewaan dalam sejarah dan juga amalan para muslim, bulan Sya'ban ini terletak di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Menyambut bulan Sya'ban alangkah lebih baiknya kita melakukan amalan-amalan yang bisa memperbanyak pahala kita. 

 

Terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh umat muslim di bulan Sya'ban, karena apabila kita melakukan amalan tersebut kita akan mendapatkan keistimewaan dari bulan Sya'ban seperti sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam hadisnya Beliau bersabda, 

 

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

 

Artinya: "Bulan Sya'ban, bulan antara Rajab dan Ramadhan adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan." (HR Nasa'i)

 

Setiap umat muslim sebaiknya meningkatkan amal perbuatan baik dan ibadahnya di bulan Sya'ban. 

 

Berikut ada amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan ini. 

 

1. Bersholawat

Seperti dilansir dari Kitab Madza fi Sya'ban dari Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki menjelaskan mengenai pentingnya di bulan Sya'ban untuk kehidupan muslim. Salah satunya ialah dengan turunnya ayat tentang anjuran bershalawat dan juga tertera di Qur'an surat Al-Ahzab ayat 56. Hal itu dianjurkan membaca sholawat pada Nabi Muhammad SAW.

 

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

 

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

 

2. Puasa sunnah

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah, Rasulullah SAW menyarankan umat muslim agar berpuasa di siang hari pada Nisfu Syaban yaitu pada hari 15 Sya'ban. Rasulullah SAW bersabda dinukil dari riwayat Ali bin Abi Thalib, 

 

إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا يَوْمَهَا، فَإِنَّ اللهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى السَّمَاء الدُّنْيَا، فَيَقُولُ: أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ، أَلَا مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقَهُ، أَلَا مِنْ مُبْتَلَى فَأُعَافِيَهُ، أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطَّلِعَ الْفَجْرَ

 

Artinya: "Nabi SAW bersabda, 'Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka salatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman,

 

'Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rezeki, maka akan kuberikan rezeki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, hingga terbit fajar," (HR Imam Ibn Majah).

 

3. Membaca Al-Qur'an dan Berdzikir

Sebagai bulan pengantar untuk menyambut Ramadhan, bulan Sya'ban merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakan pemanasan dalam peningkatan ibadah, salah satunya ialah dengan membaca Al Qur'an setiap hari. Membaca Al Qur'an di bulan Sya'ban dapat dilaksanakan oleh umat muslim yang memiliki banyak waktu ataupun sebisa mungkin kita meluangkan waktu demi membaca Al Qur'an. 

 

Selain membaca Al Qur'an terdapat juga amalan yang mudah dilakukan dan dianjurkan yaitu berdzikir dengan kalimat tauhid dan istighfar. Dzikir tersebut akan melindungi kita dari segala sesuatu hal yang tidak baik dan bisa membukakan pintu ampunan dari Allah SWT. 

 

4. Panjatkan Doa Sebanyak Mungkin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya malam Nisfu Sya'ban dikenal juga dengan Lailah Al Ijabah. Oleh karena itu sebaiknya umat muslim memanfaatkan waktu tersebut untuk memperbanyak memanjatkan doa di malam tersebut.

 

5. Sholat Tahajud

Bulan Syaban merupakan waktu yang tepat untuk rajin beribadah sunnah, salah satunya shalat tahajud. Nabi Muhammad SAW dalam hadisnya menerangkan keuntungan dari Allah SWT untuk hambanya yang bangun di malam hari untuk melaksanakan shalat tahajud. 

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ـ رضى الله عنه ـ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ ‏"‏‏.

 

Artinya: Seperti dinarasikan Abu Huraira, Rasulullah SAW mengatakan, "Allah SWT yang maha besar dan maha kuat, turun ke surga yang terdekat dengan kehidupan manusia saat malam hanya tersisa sepertiga. Allah SWT berkata, Adakah hamba yang memohon kepadaKu sehingga Aku bisa menanggapi permohonannya? Adakah hambaku yang meminta kepadaKu sehingga Aku bisa mengabulkan permintaannya? Adakah yang memohon pengampunan sehingga Aku bisa mengampuninya?" (HR Bukhari).

 

Itulah beberapa amalan terbaik yang bisa kita umat muslim lakukan untuk menyambut bulan Sya'ban, agar ketaqwaan kita semakin meningkat dan menjadi lebih baik. 

 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

3 minggu yang lalu