Home / Rubrik / Berita

Rumah Yatim Padang Hantarkan Santunan Tunai untuk Aqsha Bocah Yatim Penjual Sala Ikan di Koto Tangah

gambar-headline
Sumatera Barat Post Views: 7

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Padang telah menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup tahap pertama untuk Aqsha sebagai penerima manfaat, pada Sabtu, (10/02/24). 

 

Tim relawan Rumah Yatim cabang Padang mengunjungi kediamannya Aqsha untuk memberikan bantuan biaya hidup tepatnya di Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. 

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Adapun jenis bantuan yang disalurkan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari Aqsha dan keluarganya. 

 

Aqhsa (14) adalah bocah yang setiap hari harus berjuang membantu ibunya mencari nafkah dengan keliling berjualan sala ikan. 

 

Telah 5 tahun ia kehilangan ayahnya karena penyakit komplikasi yang dideritanya, sedangkan ibunya hanya berjualan.

 

Demi membantu ibunya, Aqsha bocah 14 tahun ini rela setiap hari keliling berjualan sala ikan makanan khas Sumatera Barat. 

 

Sala ikan yang dijual adalah milik orang lain, ia hanya menjualkan saja. Dalam sehari Aqhsa biasanya hanya memperoleh 15 ribu sampai 20 ribu.

 

Bukan hanya berjualan sala ikan, ia juga menjual gorengan kepiting dan udang. Biasanya Aqsha berkeliling jualan di sekitaran pantai, sering kali makanan yang dijual nya tidak laku.

 

Selama ini, Aqhsa tinggal bersama ibu, kakak serta adik-adiknya yang masih kecil dan masih sekolah yaitu Khofifa (11) dan Alief (9).

 

Upah hasil jualan nya, Aqsha langsung berikan kepada ibunya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Aqhsa juga punya tunggakan sekolah, tetapi, ia tak ingin membebani ibunya. Ia berusaha sendiri untuk membantu ibunya mencari nafkah.

 

Dengan diberikannya bantuan biaya hidup ini Aqsha sangat bahagia dan bersyukur sekali karena akhirnya kebutuhan hidup sehari-harinya bisa terpenuhi dan juga kebutuhan sekolah juga bisa terpenuhi. 

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk Aqsha dan keluarganya, serta menjadi pahala mengalir bagi para donatur yang dermawan telah menyumbangkan sebagian rezekinya dalam program ini. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 minggu yang lalu