Home / Rubrik / Berita

Atasi Darah Rendah Dengan Memanfaatkan Herba Berikut

gambar-headline
Indonesia Post Views: 68

Terdapat banyak pilihan obat alami dan herba untuk atasi darah rendah yang bisa kita coba di rumah. 

 

Darah rendah atau hipotensi yaitu kondisi ketika tekanan darah berada di bawah batas normal. 

 

Kita bisa memanfaatkan beberapa herba seperti rebusan daun untuk darah rendah, kita bisa memakai daun tertentu untuk meningkatkan tekanan darah yang sudah melewati batas normal. 

 

Selain dari rebusan daun masih terdapat banyak cara alami demi atasi darah rendah.

 

Dilansir dari laman WebMD, tingkat tekanan darah yang optimal ialah kurang atau setara dengan 120/80 mmHg. Kita termasuk dalam kategori menderita darah rendah apabila hasil pengukuran menunjukkan angka kurang dari 90/60 mmHg.

 

Darah rendah dapat terjadi tanpa gejala. Apabila ada tekanan darah rendah paling hanya memunculkan sakit kepala ringan, pusing atau yang lebih parahnya bisa pingsan. 

 

Herba untuk mengatasi tekanan darah rendah bisa kita dapatkan di kehidupan sehari-hari dekat rumah kita. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah herba untuk atasi tekanan darah rendah. 

 

1. Daun Kemangi

Rebusan daun kemangi sudah dipakai dalam pengobatan ayurveda untuk atasi berbagai masalah kesehatan yang salah satunya ialah tekanan darah rendah. Daun kemangi dapat menjadi salah satu rebusan daun demi mengatasi darah rendah. 

 

Daun kemangi banyak memiliki kandungan potasium, vitamin C dan magnesium. Semua kandungan itu dapat membantu mengobati darah rendah.

 

Ambil 5 sampai 6 lembar daun kemangi setiap pagi dan kita bisa merebusnya atau mengonsumsinya secara langsung. 

 

2. Kayu Manis

Kayu manis ternyata efektif dalam mengontrol tekanan darah ketika sedang meningkat atau menurun secara drastis.

 

Kayu manis memiliki kandungan potasium dan magnesium. Kedua kandungan tersebut berperan penting untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal. 

 

3. Teh Hijau

Layaknya kopi teh hijau juga memiliki kandungan kafein.

 

Pada dasarnya belum diketahui dengan pasti bagaimana mekanisme dari kafein dalam membantu atasi darah rendah. Namun kafein dipercaya bisa menghalangi hormon yang bertanggung jawab untuk menjaga arteri tetap melebar.

 

4. Ginseng

Ginseng termasuk salah satu obat herbal yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah walaupun dengan dosis yang tidak tinggi. Hal tersebut berlaku untuk orang yang mengalami darah rendah.

 

Akan tetapi harus diperhatikan mengenai konsumsi rebusan ginseng ketika tekanan darah normal hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

 

Itulah beberapa herba yang dapat kita konsumsi untuk atasi darah rendah. Banyak diantaranya mudah kita dapatkan di lingkungan sekitar kita. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu