Home / Rubrik / Berita

Post Holiday Blues, Dan Cara Meregulasinya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 45

Liburan panjang segera berakhir, baik orang tua dan anak-anak akan kembali kepada rutinitas normal seperti sedia kala. Tentunya saat liburan waktu rutin berkegiatan menjadi lebih longgar, tak jarang setelah beberapa minggu aktifitas rutin berganti menyebabkan keengganan untuk beraktifitas normal seperti biasa.

 

Saat liburan biasanya dipenuhi dengan momen yang menyenangkan, waktu bonding dengan keluarga yang semakin baik, mengunjungi tempat serta merasakan pengalaman baru. Tentunya karena momentum berharga ini ketika berakhir akan menimbulkan keengganan bagi individu untuk kembali beraktifitas seperti biasa karena akan berhadapan dengan hal-hal yang kurang menyenangkan.

 

Dilansir Helath.com Post Holiday Blues adalah adanya perasaan sedih kehilangan, kesepian, kehilangan , kekecewaan , serta rasa malas bergerak , dan perasaan ini adalah valid. Namun kita sebagai manusia dewasa perlu meregulasi semua hal tersebut dengan cara  :

  1. Hargai momen liburan sebagai jeda dari rutinitas yang monoton selama berbulan-bulan
  2. Membuat jeda yang cukup saat selsai liburan, sehingga otak anda memiliki waktu untuk beradaptasi saat kembali ke aktifitas rutin.
  3. Melakukan olahraga ringan serta menghirup udara segar seperti berjalan-jalan keliling taman, atau bermain bersama hewan peliharaan.
  4. Mendokumentasikan liburan, sebagai penyemangat untuk merencanakan liburan selanjut nya bersama keluarga
  5. Istirahat yang cukup serta kurangi paparan gadget dua hari sebelum kembali beraktifitas normal.

 

Salam sehat mental selalu yah!

 

Source : Health.com

Alodok


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

1 bulan yang lalu