Home / Rubrik / Berita

Rumah Yatim Jabodetabek Salurkan Bantuan Sarana Prasarana kepada TPQ Riyadul Mubtadiin di Lebak Banten

gambar-headline
Lebak, Banten Post Views: 8

Pada Selasa, (20/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek telah berhasil menyalurkan bantuan sarana dan prasarana untuk TPQ Riyadul Mubtadiin.

 

Bantuan sarana dan prasarana tersebut diserahkan secara langsung oleh tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek kepada TPQ Riyadul Mubtadiin yang berlokasi di Desa Cipeundey, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. 

 

Adapun bantuan yang diberikan kali ini adalah bantuan sarana prasarana berupa uang tunai yang akan digunakan untuk renovasi TPQ Riyadul Mubtadiin.

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Riyadul Mubtadiin telah berdiri 10 tahun. Bangunannya hanya terbuat dari bilik dan lantai panggung bambu ini kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan sebagian besar material bangunan telah lapuk termakan usia bahkan kamar Santri yang ada sudah sangat bahaya jika ditempati.

 

Terdapat banyak 40 santri yang menimba ilmu Alquran di sini. Mulai dari usia anak-anak sampai remaja. Anak-anak usia dini lebih ke pembelajaran Iqro, sedangkan remaja dan dewasa untuk mempelajari Al Quran dan tajwid. 

 

Akan tetapi sebab kondisi bangunan yang begitu memprihatinkan bagi santri remaja dipulangkan sebab keadaan tempat yang tidak layak. 

 

Kondisi bangunan yang kurang layak membuat sebagian santri merasa was-was pada saat belajar, khawatir akan bangunannya ambruk , bahkan ada sebagian santri harus merasakan luka dibagian kaki sebab terjeblos dibagian lantai yang lapuk.

 

Berbagai macam cara demi memperbaiki bangunan sudah sering dilakukan. Bahkan selama 2 tahun ini sudah mencicil mengumpulkan kayu atau dengan meminta bantuan kepada pihak terkait dan menawarkan kepada masyarakat akan tetapi sampai saat ini ajuan tersebut belumlah terkabul. Namun para santri berharap dibangunnya tempat belajar Al Quran yang nyaman supaya anak-anak bisa menuntut ilmu dengan tenang dan nyaman serta aman, para santri remaja yang biasa belajar malam bisa kembali belajar agar terus menuntut ilmu Al Quran. 

 

Dengan diberikannya bantuan sarana dan prasarana dari Rumah Yatim regional Jabodetabek ini membuat pihak TPQ Riyadul Mubtadiin sangat terbantu sekali. 

 

Pihak TPQ Riyadul Mubtadiin mengucapkan terima kasih banyak kepada para relawan Rumah Yatim Jabodetabek yang telah menyalurkan bantuan ini, serta kepada para donatur yang telah menyisihkan hartanya untuk membantu TPQ Riyadul Mubtadiin agar menjadi lebih baik. 

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk TPQ Riyadul Mubtadiin dan bisa membantu renovasi agar tempat belajar agama para santri bisa lebih nyaman dan layak. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu