Home / Rubrik / Berita

Waspada Gejala Kolesterol di Usia Muda dan Cara Antisipasinya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 33

Banyak kasus yang terjadi tentang kadar kolesterol yang tinggi yang sama sekali tidak menunjukkan gejala. Banyaknya orang juga cenderung tidak mengetahuinya hingga mereka menderita komplikasi serius, seperti stroke atau jantung. 

 

Oleh sebab itu sebagai kewaspadaan kita, sebaiknya memeriksakan kadar kolesterol secara teratur. Ingat begitu penting, terlebih lagi apabila masih berusia muda. Saat kadar kolesterol mulai tinggi dan membutuhkan penanganan, berikut ialah beberapa gejalanya. 

 

- Mengalami nyeri dada atau angina.

- Terdapat penumpukan lemak di bawah kulit atau yang disebut xanthomas.

- Timbulnya benjolan yang berisi kolesterol di kelopak mata yang disebut xanthelasmas. 

 

Beberapa gejala adalah sebuah peringatan yang tidak boleh dianggap remeh. Sebab, apabila sampai mengalaminya, secepet mungkin periksakan kondisi kesehatan ke dokter. 

 

Pemeriksaan kolesterol dianjurkan setiap lima tahun sekali bagi orang dewasa yang sehat. Apabila kita mempunyai faktor risiko hiperkolesterolemia, dokter mungkin akan memerintahkan untuk melakukan skrining lebih sering. 

 

Ada beberapa cara untuk menurunkan kolesterol tinggi dan sebetulnya bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti menerapkan gaya hidup sehat di kehidupan sehari-hari. 

 

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

1. Berolahraga Rutin

 

Olahraga adalah salah satu cara efektif agar menurunkan dan menjaga berat badan ideal. Selebihnya, olahraga yang dijalankan secara rutin bisa membuat mencegah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

 

Cara menurunkan kolesterol jahat kita dapat melakukan dengan berolahraga minimal 30 menit per hari dan lima kali dalam seminggu. Untuk jenis olahraga ringan yang disarankan yaitu berenang, berjalan kaki, atau bersepeda jarak dekat.

 

2. Mengatur Stres

 

Kemudian cara memcegah dan menurunkan kolesterol selanjutnya yaitu dengan mengatur stres. Kondisi stres dalam waktu yang lama bisa menyebabkan dampak negatif pada tubuh, salah satunya ialah bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh. Saat sedang stres, tubuh kita melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang bisa memengaruhi kadar kolesterol. 

 

3. Menjaga Asupan Makanan yang Mengandung Gula dan Lemak Jahat

 

Disamping dapat mengurangi risiko diabetes, menjaga asupan makanan manis juga dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah dan menurunkan kolesterol tinggi. Dengan kita sering mengkonsumsi gula berlebihan maka bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik. Demi menghindari hal buruk itu, upayakan selalu mengecek kadar gula yang tertera pada label makanan atau minuman yang mau dikonsumsi.

 

Itulah hal-hal mengenai gejala dan beberapa cara mencegah hingga untuk menurunkan kolesterol tinggi. Ayo kita sedari dini jalankan pola hidup sehat agar tidak menyesal di kemudian hari. 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu