Home / Rubrik / Berita

Tips Khatam Baca Al Qur'an Selama Ramadhan

gambar-headline
Indonesia Post Views: 46

Jangan sia-siakan bulan Ramadhan ini dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, lebih baik kita berlomba-lomba untuk melakukan amal kebaikan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, karena pahala yang akan kita dapatkan akan berkali lipat dibandingkan bulan-bulan biasanya. 

 

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Ramadhan ialah membaca Alquran. Banyak orang yang ingin mengkhatamkan baca Alquran di bulan Ramadhan. 

 

Namun terkadang banyak sekali orang yang tidak bisa mengefektifkan waktu untuk membaca Alquran dan menghatamkannya. 

 

Berikut ini tips-tips khatam Alquran selama bulan Ramadhan. 

 

1. Membaca Al-Qur-an 5 Menit Sebelum dan Setelah Shalat

Apabila tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca Alquran, maka setidaknya manfaatkan waktu shalat fardhu sebelum dan sesudah selama 5 menit. 

 

Kita semua harus bisa menginvestasikan waktu lima sampai sepuluh menit saja membaca Al-Qur'an di setiap shalat, supaya bisa khatam Al-Qur'an selama sebulan. 

 

2. Sehari 11 Lembar

Dilansir dari laman Kemenag, total halaman pada mushaf Al-Qur'an berbeda-beda. Sebagai contoh, Mushaf Al-Quran Standar Indonesia (MSI) yang di cetak oleh Unit Percetakan Al-Qur'an Kementerian Agama mempunyai 604 halaman.

 

Supaya kita bisa khatam sampai akhir bulan Ramadhan ini yang asumsinya 29 hari, maka setiap hari harus membaca 21 sampai 22 halaman atau 11 lembar. 

 

Kalian bisa membaca Alquran dengan berbagai variasi waktu dalam sehari, dengan capaian target 21 halaman atau 11 lembar perharinya.

 

Kita bisa mengatur 11 lembar ini sesuai kemampuan kita, seperti misalkan dibagi dalam tiga waktu setiap shalat atau dilakukan dalam satu waktu. 

 

3. Satu Juz di Lima Waktu Shalat

Apabila dirasa berat untuk dapat memenuhi satu juz satu hari, kita bisa membaginya ketika shalat lima waktu. Misalkan 1 juz terdiri dari 10 lembar daripada berat untuk membaca langsung 10 lembar, kita bisa membaginya menjadi dua lembar setiap sesudah melaksanakan shalat fardhu. 

 

4. One Day One Juz

Mungkin kita sering mendengar istilah one day one juz atau satu hari satu juz, kita bisa melakukan metode tersebut. Seperti yang kita ketahui Alquran terdiri dari 30 juz sehingga dapat dibagi dalam sehari membaca satu juz. 

 

Kita bisa mengatur sendiri kapan waktu yang nyaman untuk membaca Alquran 1 juz dalam sehari tersebut. Apabila istiqomah maka dalam sebulan kita bisa mengkhantamkan Alquran. 

 

5. Memanfaatkan Aplikasi Al-Qur'an

Di zaman yang serba modern ini kita bisa memanfaatkan teknologi demi memperbanyak amalan ibadah kita. Untuk membaca Alquran kita bisa menggunakan aplikasi Alquran di gadget kita masing-masing. 

 

Dengan menggunakan aplikasi Alquran ini kita bisa membaca Alquran di mana saja. Bahkan memanfaatkan aplikasi ini kita bisa menandai ayat terakhir yang kita baca dengan mudah. Serta kita bisa mengatur fitur pengingat untuk membaca Alquran. Semua menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. 

 

Itulah beberapa tips untuk khatam membaca Alquran di bulan Ramadhan 1445 H. Semoga Allah SWT memampukan kita untuk selalu beramal sholeh dan dekat terhadap Alquran. 

 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu