Home / Rubrik / Berita

Kapan Sedekah Menjadi Sebuah Kewajiban ?

gambar-headline
Bandung Post Views: 16

Dalam agama islam ada banyak amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala dan ridho Allah SWT. Salah satunya ialah sedekah. Islam menganjurkan umatnya untuk saling berbagi, baik kepada keluarga, teman, kerabat dan kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

Maka dari itu, dalam islam ada konsep zakat, infak dan sedekah. Zakat wajib dikeluarkan untuk orang yang sudah memenuhi persyaratan misalnya penghasilannya yang diatas rata-rata atau hartanya yang berlimpah. 

 

Berbeda dengan zakat, sedekah hukumnya sunnah atau dianjurkan. Sedekah dapat diberikan dalam bentuk non materi atau selain harta. Senyum yang diberikan kepada orang lain adalah sedekah. Menyingkirkan paku atau ranting di jalan juga adalah sedekah.  

Meskipun hukumnya sunnah, sedekah bisa berubah menjadi wajib dalam situasi dan kondisi tertentu.

 

Lantas, kapan sedekah bisa menjadi sebuah kewajiban ?

Sedekah bisa berubah menjadi wajib hukumnya apabila kita melihat atau bertemu dengan orang yang benar-benar membutuhkan. Misalnya, ada orang fakir atau miskin yang kelaparan dan apabila kita tidak menolongnya orang tersebut bisa sakit parah atau bahkan meninggal. Maka dalam situasi tersebut sedekah hukumnya wajib.

 

Pejuang kebaikan, tidak hanya bisa menjadi wajib, benda yang disedekahkan buruk dan tidak bermanfaat atau tidak bisa di manfaatkan. Dan bisa juga menjadu jika benda atau harta yang disedekahkan itu digunakan untuk melakukan kejahatan dan maksiat, atau harta yang disedekahkan merupakan harta hasil mencuri.

 

Itulah penjelasan mengenai kapan sedekah bisa menjadi wajib, semoga bermanfaat.

Mari salurkan sedekah terbaikmu di Rumah Yatim, silahkan klik tombol donasi.

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

1 minggu yang lalu