Home / Rubrik / Berita

Sifat Calon Penghuni Surga Saat Di Dunia

gambar-headline
Indonesia Post Views: 73

Surga merupakan tempat yang semua orang inginkan dan dambakan. Karena itu adalah tujuan kita setelah kita meninggal dunia. Namun tahukah anda bagaimana sifat calon penghuni surga selama di dunia, berikut penjelasannya. 

 

Seperti dikutip dari laman UIN Raden Intan Lampung, anggota Mustasyar PWNU Lampung 2023-2028 KH. Dr. Khairuddin Tahmid, M.H, dan pengajar UIN Raden Intan Lampung menjelaskan mengenai beberapa sifat calon dari penghuni surga selama hidup di dunia diantaranya sebagai berikut. 

 

1. Wajhun malihun

Calon penghuni surga selalu menunjukkan wajah optimis dan ceria. Karakter tersebut terlihat karena mereka selalu memiliki pikiran positif terhadap segala hal tanpa terkecuali.

 

2. Qalbun naqiyyun

Calon penghuni surga memiliki hati yang bersih, bebas dari sifat iri dan dengki. Mereka juga bisa mengendalikan emosi, amarah, ego serta mementingkan persamaan.

 

3. Lisanun fashihun

Calon Penghuni Surga selalu mengatakan berbagai hal yang baik serta bermanfaat. Mereka juga selalu memilih topik pembicaraan yang bisa menyejukkan hati dan tidak memicu pertikaian.

 

4. Yadun sahiyyun

Calon penghuni surga selalu memberikan bantuan berupa materi maupun nonmateri. Mereka sangat dermawan dan selalu berbagi ilmu, harta dan tenaga.

 

5. Takut azab Allah SWT

Imam Syamsuddin AL-Qurthubi menyatakan di At-Tadzkirah yang diterjemahkan oleh Anshori Umar Sitanggal, yang termasuk sifat dari calon penghuni surga saat di dunia ialah takut akan azab Allah SWT.

 

Hal itu berdasarkan dari riwayat Ibu Wahab yang mendengar Ibnu Zaid. Ia menceritakan "Allah telah mensifati penghuni surga selagi di dunia (ialah orang yang memiliki) rasa takut, sedih, suka menangis, dan khawatir (akan diazab). Oleh karenanya, Allah memberi ganti kepada mereka berupa kenikmatan dan kegembiraan di akhirat."

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu