Home / Rubrik / Berita

Amalan Di Bulan Rajab Yang Pahalanya Besar

gambar-headline
Indonesia Post Views: 169

Bulan Rajab, menjelang amalan pun harus semakin terdepan karena seperti disebutkan dalam Surat At-Taubah:36 

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (Surat At-Taubah ayat 36). Bulan haram adalah empat bulan mulia di luar Ramadan, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.  

Yang mana Tanggal 1 Rajab akan jatuh pada hari Sabtu Besok, yuk kita intip amalan apa saja yang dapat kita lakukan untuk mendapat keberkahan serta ke istimewaan bulan rajab

  1. Puasa, diutamakan puasa pada hari ayamul bidh, 

    Dari Imam Fakhruddin al-Razi dalam Mafâtîh al-Ghaib (juz 16, halaman: 54), Nabi bersabda:

    "Barang siapa yang berpuasa 1 hari pada bulan-bulan yang dimuliakan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari

  2. Berdo'a , walau tak hanya saat memasuki bulan rajab saja namun untuk keberkahan serta kebaikan di bulan ini ada doa tersendiri yang di contohkan Rasulullah.  

    Rasulullah mencontohkan saat memasuki Bulan Rajab, beliau membaca:

    Allahumma baarik lana fi rajaba wasya’bana waballighna ramadhana,”

    Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban dan pertemukan kami dengan Bulan Ramadhan (Kitab Syu’abil Iman lil Hafidz Al Baihaqi juz 5 halaman 348 no 3534).

  3. Bersedekah, amalan bersedekah di bulan rajab memang tidak main main 

     Rasulullah SAW Pernah Bersabda 

    Barang siapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua. Menurut sebagian pendapat, umur burung gagak mencapai 500 tahun. 

  4. Rutin Membaca Al-Qur'an, Membaca Al-qur'an merupakan salah satu prioritas utama kita sebagai muslim jangan lupa terus konsisten dalam membaca Al-Qur'an karena 

    Seseorang yang selalu membaca kitab suci Al-Quran, akan menjadi orang keistimewaan sekaligus kepercayaan Allah SWT.

    Selain itu, dengan membaca Al-Quran kita dapat menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Terlabih jika amalan ini dikerjakan di bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Semoga keberkahan bulan Rajab, menaungi serta terus memotivasi kita untuk menjadi hamba yang lebih baik.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

1 bulan yang lalu