Home / Rubrik / Berita

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Juni 2024

gambar-headline
Bandung Post Views: 1186

Puasa Ayyamul Bidh adalah amalan sunnah yang dianjurkan dilaksanakan pada pertengahan bulan Hijriah yaitu setiap tanggal 13, 14 dan 15 dalam penanggalan bulan dalam kalender Islam. Karena mengacu pada penanggalan Hijriah, tentunya waktu pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh ini akan berbeda-beda dalam penanggalan kalender Masehi.

 

Untuk jadwal pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh bulan Juni 2024 sedikit berbeda karena bertepatan dengan bulan Dzulhijjah 1445 Hijriah, maka umat Islam akan menjalankan puasa Ayyamul Bidh khusus Bulan Dzulhijjah.

Pada bulan Dzulhijjah, untuk tanggal 13 s.d 15 Dzulhijjah sendiri jatuh pada tanggal 20 s.d 22 Juni 2024. Namun pada bulan Dzulhijjah ini, diharamkan untuk melaksanakan puasa pada tanggal 13 Dzulhijjah karena tanggal tersebut termasuk hari Tasrik. Hari di mana umat Islam masih diperbolehkan menyembelih hewan qurban.

 

Maka menurut pendapat yang lebih kuat dalam mazhab Syafi'i tanggal 13 bisa diganti dengan tanggal 16. Karenanya, khusus saat bulan Dzulhijjah puasa Ayyamul Bidh dilakukan pada tanggal 14, 15 dan 16 Dzulhijjah atau bertepatan pada tanggal 21, 22 dan 23 Juni 2024.

 

Berikut rincian jadwal puasa Ayyamul Bidh Juni 2024:

14 Zulhijjah 1445 H: Jumat, 21 Juni 2024

15 Zulhijjah 1445 H: Sabtu, 22 Juni 2024

16 Zulhijjah 1445 H: Minggi, 23 Juni 2024

 

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Seperti puasa sunnah pada umumnya, seorang muslim yang ingin melaksanakan puasa Ayyamul Bidh juga dianjurkan untuk melafalkan niat. Berikut adalah niat puasa Ayyamul Bidh:

Arab Latin: Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta'âlâ.

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta'âlâ."

 

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan yang sangat besar. Disebutkan dalam hadits Riwayat Bukhari, menjalankan puasa Ayyamul Bidh selama tiga hari setara dengan puasa selama sebulan. Jika dilakukan setiap bulan maka sama dengan puasa selama setahun penuh.

Artinya: "Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang Kaulakukan. Karena itu, maka puasa ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh," (HR Bukhari-Muslim).

 

Hukum Puasa Ayyamul Bidh

Hukum puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah muakkad berdasarkan hadits-hadits Nabi SAW, yang di antaranya adalah sebagai berikut:

Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: 'Rasulullah SAW sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah baik di rumah maupun dalam bepergian'." (HR an-Nasa'i dengan sanad hasan).

 

Artinya: Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan RA, ia berkata: 'Rasulullah SAW telah memerintah kami untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15'." (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81).

 

Demikianlah informasi untuk jadwal puasa Ayyamul Bidh Juni 2024, jangan lupa dicatat ya tanggalnya !


Author

img-author

Sinta Guslia

1 minggu yang lalu