Home / Rubrik / Berita

Sejuta Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

gambar-headline
Bandung Post Views: 36

Sahabat tahukah kamu jika sebagian besar tubuh kita diisi dengan air?

 

Cairan merupakan salah satu komponen penting yang sangat dibutuhkan tubuh.  Air berfungsi untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. Keseimbangan suhu tubuh akan sangat tergantung pada air, karena air merupakan pelumas jaringan tubuh sekaligus bantalan sendi-sendi , tulang, dan otot.

 

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara rutin. 

Selain penting bagi tubuh, mengonsumsi air putih juga sangat baik bagi kesehatan kita. Berikut manfaatnya :

 

1. Mencegah Dehidrasi

Manfaat minum air putih yang paling utama adalah mencegah dehidrasi. Pasalnya, dehidrasi adalah kondisi ketika cairan tubuh yang keluar lebih banyak daripada asupan cairan masuk. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa haus berlebihan, mudah lelah, dan warna urine yang pekat. 

Dehidrasi sering kali dianggap remeh, padahal pada gejala berat, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius yang membutuhkan perawatan medis segera. Pencegahan dehidrasi bisa dilakukan dengan memulai kebiasaan sederhana, seperti rutin minum air sebelum dan setelah bangun tidur.

 

2. Melancarkan Sistem Pencernaan 

Seperti yang diketahui, tubuh selalu melakukan ekskresi, yakni mengeluarkan zat atau cairan tidak dibutuhkan.

Biasanya melalui keringat atau saluran pembuangan, seperti urine dan feses. Tubuh yang kekurangan cairan biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti sembelit, jarang buang air kecil, dan munculnya kram otot. Pada kondisi serius, kekurangan cairan tubuh juga dapat berdampak pada gagal fungsi ginjal. 

 

3. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Lebih dari setengah sel darah pada tubuh manusia terdiri dari zat yang disebut plasma.

Zat ini berfungsi untuk membawa sel-sel darah ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ dapat menjalankan tugasnya secara optimal, mulai dari memastikan tekanan darah tetap stabil dan menjaga suhu tubuh.

Plasma sendiri merupakan zat yang terdiri dari 90% air, sehingga asupan air yang cukup sangat dibutuhkan agar plasma dapat berfungsi secara baik. Kurangnya asupan air menyebabkan darah menjadi lebih kental dan terkonsentrasi.

Hal tersebut akan berbahaya bagi kesehatan jantung karena harus bekerja sedikit lebih keras untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

 

4. Membantu penyerapan nutrisi

Selain membantu pencernaan, minum air putih juga membantu melarutkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang terkandung di dalam makanan. 

 

5. Membantu menjaga kulit tetap cerah. Asupan air putih yang cukup akan membantu menjaga kulit mu agar tetap terhidrasi dan meningkatkan produksi kolagen. 

 

6. Melindungi jaringan, sumsum tulang belakang, dan sendi

Konsumsi air yang cukup dapat membantu melumasi dan melindungi sendi, sumsum tulang belakang, dan jaringan. Ini sangat berguna agar kamu dapat beraktivitas fisik tanpa gangguan apa pun, contohnya rasa tidak nyaman akibat radang sendi.

 

7. Menjaga Asupan Oksigen Dalam Tubuh

Selain menjaga tekanan darah, manfaat minum air putih lainnya adalah menjaga asupan oksigen dalam tubuh mu. Oksigen dalam darah akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh sehingga mampu beraktivitas tanpa kendala.

 

8. Melindungi Tubuh dari Penyakit

Manfaat minum air putih yang tak kalah penting adalah melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kurangnya air putih dapat menjadi faktor penyebab berbagai masalah kesehatan pada organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan kandung kemih.

Sebaliknya, tubuh yang tercukupi kebutuhan cairannya akan memiliki fungsi kerja organ yang baik dan optimal, seperti pada ginjal yang bertugas mengeluarkan racun.

 

9. Membantu Kinerja Jantung

Air putih mendukung kinerja jantung dengan menjaga viskositas darah yang optimal. Dengan asupan cairan yang cukup, darah dapat mengalir lebih mudah melalui pembuluh darah, membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Hal ini membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan mencegah beban kerja berlebih pada jantung.

 

10. Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala

Salah satu alasan orang sakit kepala dan migrain adalah kekurangan cairan. Minum air putih secara berkala terutama saat perut kosong bisa mengurangi sakit kepala secara alami.

 

11. Membantu mengurangi stres, rasa cemas, dan depresi yang sedang kamu alami.

 

Nah itu dia beberapa manfaat mengkonsumsi air putih.

Untuk mendapatkan manfaat minum air putih, orang dewasa umumnya disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap hari, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita menyusui 3 liter per hari. 

 

Sementara untuk anak-anaknya disarankan meminum sebanyak 800 mililiter (ml) atau sekitar 2–3 gelas untuk anak usia 7–12 bulan. 1,3 liter atau sekitar 5 gelas untuk anak usia 1–3 tahun.1,7 liter atau sekitar 6–7 gelas untuk anak usia 4–8 tahun. 2,1–2,4 liter atau 8–10 gelas untuk anak usia 9–13 tahun dan 2,3–3,3 liter atau sekitar 9–13 gelas untuk anak usia di atas 14 tahun.

 


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu