Home / Rubrik / Berita

Rumah Yatim Yogyakarta Berikan Pelatihan Pembuatan Dodol dan Wajik Salak untuk Berdayakan Ibu-ibu di Turi

gambar-headline
Yogyakarta Post Views: 23

Rumah Yatim cabang Yogyakarta melalui program UMKM nya mengadakan kegiatan pelatihan membuat dodol dan wajik dari buah salak. Kegiatan ini diadakan di salah satu rumah warga di Dukuhsari, Kelurahan Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Menurut penuturan Jajang Khoeruman selaku kepala cabang Rumah Yatim Yogyakarta, ada sebanyak 10 orang ibu-ibu mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan penuh antusias dan tekun.

"Alhamdulillah para peserta pelatihan begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Kata mereka, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mereka," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jajang mengatakan jika dalam pelatihan ini, Rumah Yatim menggandeng seorang pengusaha sukses untuk memberikan pelatihan kepada para peserta. Ia adalah Erna, seorang pengusaha sukses di Sleman yang membuka usaha berbagai olahan dari buah salak. 

 

Selama pelatihan Erna mengajarkan ibu-ibu mengenai cara mengolah buah salak menjadi dodol dan wajik, cara mengemas hasil olahan agar menari, dan cara memasarkan produk.

"Bu Erna selain disibukan dengan usahanya juga sering mengisi kegiatan pelatihan wirausaha kepada masyarakat di Kecamatan Turi dan sekitarnya," ungkapnya.

 

Jajang menyampaikan, kegiatan pelatihan ini dilakukan Rumah Yatim sebagai upaya memberikan keterampilan pada ibu-ibu dengan harapan setelah kegiatan ini mereka mampu membuka peluang usaha. “Pelatihan ini bukan sekedar pengembangan potensi semata, namun kita akan bimbing mereka hingga mereka bisa membuka usaha dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan untuk keluarga," tuturnya.

Tidak hanya pelatihan membuat wajik dan dodol dari buah salak, ibu-ibu ini juga menerima bantuan peralatan untuk membuat dan wajik. 

 

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat, berkah dan bisa membantu meningkatkan perekonomian warga Dukuhsari. 

Terima kasih kepada seluruh donatur yang telah menitipkan zakat, infak dan sedekahnya di Rumah Yatim, Alhamdulillah donasi dari para donatur sudah dirasakan manfaatnya oleh banyak masyarakat khususnya warga Dukuhsari. Mudah-mudahan apa yang diberikan para donatur bisa menjadi berkah, kebaikan dan ladang pahala," tandasnya.

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

2 bulan yang lalu