Home / Rubrik / Berita

Jika Punya Hajat Mendesak, Amalkan Doa Nabi Yunus AS

gambar-headline
Indonesia Post Views: 32603

Nabi Yunus AS pernah memanjatkan doa kepada Allah SWT pada saat ia ditelan oleh ikan paus dan berada dalam perut ikan paus. Doa yang dipanjatkan tersebut memiliki kandungan keutamaan dan hikmah yang dapat dijadikan tauladan bagi umat muslim.

 

Doa ini juga tertera dalam penggalan surah Al Anbiya ayat 87 yaitu sebaga berikut. 

 

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

 

Arab-latin: Allā ilāha illā anta subḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn

 

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim."

 

Dilansir dari buku Zikir-zikir Pembersih dan Penentram Hati karya M. Rojaya, keutamaan dari doa Nabi Yunus AS ialah bisa memperlancar permintaan hambanya, terutama bagi seseorang yang memiliki hajat yang mendesak. 

 

Pada sebuah hadits dikatakan bahwa, "Doanya Dzun Nun (Nabi Yunus AS) saat berdoa di dalam perut ikan, laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minal zalimin. Tidaklah seorang muslim berdoa dalam hal apa pun, melainkan Allah akan mengabulkannya." (HR Al Hakim)

 

Kemudian terdapat keutamaan lagi dari doa Nabi Yunus AS yaitu bisa dipermudah ketika menghadapi masalah ataupun kesusahan.

 

Jika kita sedang berhadapan dengan sebuah masalah sebaiknya kita memperbanyak membaca doa Nabi Yunus AS dengan harapan Allah SWT akan memberikan solusi atau jalan keluarnya. 

 

Dengan mengamalkan doa Nabi Yunus AS, seseorang bisa diampuni dosa-dosanya, dengan doa ini, Allah SWT akan segera mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan seseorang dan menerima tobatnya.

 

Sesudah mendapatkan nikmat yang begitu besar, maka sebaiknya seorang hamba bersyukur atas nikmat itu.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu