Home / Rubrik / Berita

Buah-buahan yang Baik untuk Penderita GERD

gambar-headline
Indonesia Post Views: 101

Penderita asam lambung atau GERD haruslah hati-hati ketika memilih sesuatu yang akan dikonsumsi. Makanan maupun minuman harus selalu diperhatikan bagi penderita gerd. Terdapat buah-buahan yang tidak disarankan dan juga ada yang disarankan baik untuk penderita asam lambung. 

 

Berikut beberapa buah yang baik dikonsumsi untuk penderita GERD, diantaranya ialah

 

1. Kelapa

Air yang terdapat dalam buah kelapa dikenal mempunyai banyak sekali manfaat yang berguna bagi tubuh, salah satunya mengandung mineral kalium dan berbagai macam senyawa yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga kelapa cocok dikonsumsi untuk seseorang yang sering merasakan gejala GERD.

 

Selain dari itu air kelapa juga memiliki kemampuan dalam menjaga suhu tubuh supaya normal serta mampu menghambat peradangan di lambung. Kita bisa mengkonsumsi kelapa secara rutin agar bisa merasakan manfaatnya secara maksimal. 

 

2. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang rendah asam sehingga sangat baik dikonsumsi untuk penderita gerd atau asam lambung. Pisang dapat melapisi kerongkongan yang teriritasi karena naiknya asam lambung. Pisang juga dipercaya bisa membantu penetralan asam lambung sampai meringankan gejala penyakit maag.

 

Lalu, bukan hanya itu pisang juga memiliki kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan tubuh. Apabila semakin sehat sistem pencernaan kita maka semakin rendah pula risiko kita terkena penyakit asam lambung. 

 

3. Semangka

Semangka merupakan buah yang baik bagi penderita asam lambung. Semangka terkenal memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga baik untuk membantu dalam pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh sekaligus mampu menetralkan asam lambung. Semangka juga merupakan salah satu sumber likopen yang memiliki peran dalam pencegahan kerusakan sel-sel tubuh.

 

4. Pepaya

Mengkonsumsi pepaya dapat menjadi solusi untuk seseorang yang sedang menderita penyakit gerd atau asam lambung. Pepaya merupakan buah yang disarankan untuk asam lambung karena memiliki kandungan enzim papain yang memiliki manfaat untuk melancarkan proses pencernaan sekaligus memudahkan penguraian protein, sehingga protein menjadi lebih gampang dipecah menjadi asam amino.

 

5. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang bisa diolah menjadi berbagai macam varian makanan maupun minuman, misalnya campuran es buah, juice, atau isian sandwhich. Alpukat termasuk ke dalam buah rendah asam, sehingga aman untuk dikonsumsi penderita gerd. 

 

6. Apel

Apel memiliki kandungan yang baik bagi tubuh karena buah apel kaya akan serat sekaligus menjadi sumber kalium, kalsium dan magnesium yang baik untuk tubuh. Zat-zat tersebut berperan untuk meredakan gejala asam lambung yang sedang kumat seperti sakit maag. Walaupun demikian kita dianjurkan memilih jenis apel yang rasanya manis, sebab apel yang berwarna hijau biasanya mempunyai rasa yang asam dan seharusnya dihindari oleh penderita asam lambung. 

 

Itulah beberapa rekomendasi buah-buahan yang aman dan dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit gerd. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 minggu yang lalu