Home / Rubrik / Berita

Pengembangan Potensi Anak Melalui Budidaya Tanaman Hidroponik Bersama Anak Asuh Asrama Arcamanik

gambar-headline
Kota Bandung Post Views: 13

Anak asuh Asrama Arcamanik selalu mengisi waktu luang mereka dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, salah satunya ialah PPA (Pengembangan Potensi Anak) Hidroponik.

 

Kegiatan budidaya tanaman hidroponik ini sudah dilakukan sejak Oktober 2023 sampai Desember 2023 dan baru dilanjut lagi akhir-akhir ini.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Asrama Rumah Yatim Arcamanik yang berlokasi di Jl. Golf Tim. No.48, Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat

 

Hidroponik adalah salah satu cara untuk melakukan budidaya tanaman. Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan bisa dibudidayakan dengan menggunakan metode ini.

 

Metode hidroponik ini tidak menggunakan media tanam tanah akan tetapi diganti dengan menggunakan media air yang mengandung mineral dan nutrisi tertentu untuk menjadi media tanam. Cara ini merupakan ramah lingkungan karena prosesnya menggunakan bahan-bahan alam dan tidak menggunakan pestisida secara berlebihan. Prosesnya pun organik, maka sayur dan buah hasil budidaya hidroponik akan lebih sehat.

 

Tujuan diadakan kegiatan ini untuk anak-anak asuh asrama ialah untuk menambah skill dan pengetahuan tentang hidroponik, kemudian yang ke dua agar anak-anak belajar usaha dari hasil hidroponiknya, yang pada intinya ialah belajar untuk berwirausaha.

 

Saat ini tanaman yang ditanam menggunakan metode hidroponik ini diantaranya yaitu selada, pakcoy, bawang daun, dan seledri.

 

Anak-anak asuh Asrama Arcamanik sangat tertarik, antusias dan senang sekali melaksanakan kegiatan budidaya tanaman hidroponik ini.

 

"Harapannya yang pertama anak-anak mempunyai skill tambahan buat bekal nanti kalau sudah gak di Rumah Yatim, kedua anak-anak bisa belajar usaha terus, anak-anak tidak jenuh juga kalau ada kegiatan seperti ini, karena kegiatannya bersama-sama menambah erat kebersamaan," ucap Umi Iis Knita selaku Ibu Asrama Arcamanik.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

4 minggu yang lalu