Home / Rubrik / Berita

Memaknai 10 Hari Kedua Ramadhan

gambar-headline
Bandung Post Views: 1414

Pejuang kebaikan, tak terasa kita sudah menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1445 Hijriah 10 hari pertama. Nanti malam, kita akan memasuki 10 hari kedua di bulan suci ini.

Fase 10 hari kedua sering dianggap sebagai fase transisi semangat, yakni menurunnya semangat karena euforia Ramadhan di 10 hari pertama sudah usai.

Selain itu, tak sedikit juga masjid-masjid yang mulai kehilangan sebagian besar jamaahnya di fase ini. Padahal, di 10 hari kedua Ramadan ini Allah membukakan pintu pengampunan seluas-luasnya. Bagi siapapun yang bisa melewati bulan puasa Ramadan ini hingga fase kedua, Insya Allah bisa mendapatkan ampunan yang tidak akan diperoleh di bulan-bulan yang lain. 

 

Dengan memohon ampunan dengan tulus dan bersungguh-sungguh serta bertobat dari hati yang terdalam insya Allah pasti mendapatkan ampunan-Nya. 

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kepada umatnya doa khusus yang bisa diamalkan di 10 hari kedua Ramadan ini agar dosa-dosa kita diampuni Allah. 

Doa ini dianjurkan dibaca dari hari ke-11 hingga ke-20. Berikut ini doanya: Allahummagfirli dzunuubi ya robbal ‘alamiin. 

Artinya: ya Allah ya Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku wahai Tuhan Pencipta Semesta Alam. 

 

Selain memohon ampunan, kita juga bisa melakukan amalan di 10 hari kedua Ramadhan. Berikut amalannya :

 

1. Salat Malam

Salat malam yang dimaksud adalah salat tahajud di sepertiga malam. Salat ini dilakukan untuk melengkapi salat tarawih dan salat witir yang telah dijalankan selama bulan Ramadan.

 

2. Berdoa

Memperbanyak doa, memohon keringanan dan meminta pengampunan dari segala dosa yang telah lalu akan melengkapi keutamaan di 10 hari kedua bulan Ramadan.

 

3. Tilawah Al-Quran

Umat Islam yang melaksanakan tilawah Al-Quran akan merasakan ketenangan sehingga dapat kembali bersemangat dalam menjalankan sisa ibadah puasa Ramadan.

 

4. Zikir

Memperbanyak berzikir akan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT dan melengkapi keutamaan ibadah kita di 10 hari kedua bulan Ramadan.

 

5. Sedekah

Bersedekah merupakan wujud ketaatan seorang hamba terhadap Allah SWT dan juga wujud kepedulian terhadap sesama.

 

6. Memberi makan orang yang berpuasa

Seperti sabda Rasullullah SAW, “Barang siapa memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun” (HR. Ahmad)

 

Agar kita bisa terus bersemangat dalam menjalani ibadah dan amalan di 10 hari kedua puasa Ramadhan, kita harus mengetahui beberapa keutamaannya, berikut keutamaan 10 haru kedua Ramadhan :

 

1. Wujud Istiqomah 

Keutamaan istiqomah dalam beribadah di bulan Ramadhan memiliki pahala luar biasa. Saat kita tetap mampu menjalankan rangkaian ibadah sunnah Ramadhan di tengah kesibukan, kita berarti telah menunjukkan ikhtiar meraih berkah dan pahala dari Dzat Yang Maha Agung. 

 

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang," (HR. An-Nasai).

 

2. Jauh dari Godaan Duniawi 

Menjalankan rangkaian ibadah bulan Ramadhan di 10 hari kedua artinya sebuah bukti bahwa orang tersebut mampu menahan dan menjauhkan dari dari godaan duniawi yang berlebihan. 

Tidak seperti banyaknya orang orang yang menghabiskan waktu untuk mengobrol dengan teman temannya, dengan alasan buka puasa bersama atau orang orang yang tidak menjalankan salat tarawih dengan alasan harus menyiapkan keperluan lebaran. Dunia menurut islam memang penuh ujian sehingga manusia harus memiliki iman yang kuat.

 

3. Dikabulkan Doa-doa 

Keutamaan 10 hari kedua puasa Ramadhan yang ketiga adalah dosa-dosa terampuni. Sebagaimana yang dikutip dalam hadits berikut.

"Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu," (HR. Bukhari Muslim).

 

"Shalat lima waktu dari Jumat ke Jumat berikutnya, Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar," (HR. Muslim).

 

4. Mendapat Kebahagiaan dan Keberkahan

Keutamaan keempat dari 10 hari kedua puasa Ramadhan adalah sebagaimana dikutip dalam hadits berikut.

"Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya," (HR. Muslim).

Kemudian, hadits dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah saw. bersabda: "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang," (HR. An-Nasai).

 

5. Pahala Dilipatgandakan

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku," (HR. Muslim).

 

6. Menjadi Pribadi Lebih Baik 

Menjadi orang yang mampu menjalankan ibadah Ramadhan di 10 hari kedua tentunya ialah sebuah berkah karena mampu istiqomah akan amal ibadah yang dijalaninya, ia akan menjadi orang yang semakin dekat dengan Allah dan menjadi pribadi yang lebih baik. 

 

Sehingga di hari-hari setelah Ramadhan pun ia akan terus melakukan kebaikan dan selalu merindukan bulan Ramadhan yang mulia. Tentu hal tersebut adalah sebuah kenikmatan sebab hidayah dari Allah belum tentu diterima atau dimiliki oleh semua orang. Sebagai orang yang diberi petunjuk dengan menjadi umat islam tentu harus selalu mengisinya dengan kebaikan.

 

 

Dengan mengetahui makna dari 10 hari kedua Ramadhan, semoga kita semakin bersemangat untuk memperbanyak ibadah sunnah dan amalan kebaikan seperti shalat tarawih, shalat malam, tadarus Alquran, doa, zakat, infak, dan sedekah.

 

Mari kita raih pahala di bulan Ramadhan ini dengan berbagi dengan mereka yang membutuhkan, silahkan klik tombol donasi.

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

3 minggu yang lalu