Home / Rubrik / Berita

Manfaat Sholat Tarawih

gambar-headline
Indonesia Post Views: 122

Datangnya bulan suci Ramadhan adalah sebuah momen yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, karena banyak sekali amalan dan ibadah sunnah yang bisa dilakukan di bulan ini dan tentunya mendapatkan pahala yang berlipat ganda. 

 

Ibadah yang bisa dilakukan di bulan suci Ramadhan ini salah satunya ialah salat sunnah tarawih. Tentunya salat sunnah tarawih ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi siapa saja yang melaksanakannya. 

 

Sudah banyak yang menjelaskan mengenai keutamaan salat tarawih di bulan Ramadhan beberapa hadis Rasulullah salah satunya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

 

"Barangsiapa mengerjakan sholat malam di bulan Ramadhan (salat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu."

 

Keutamaan salat tarawih akan dilipatgandakan pahalanya, terlebih lagi jika dilaksanakan secara berjamaah. Seperti sabda Rasulullah SAW tentang keutamaan salat tarawih berjamaah. 

 

"Sesungguhnya seseorang jika sholat tarawih bersama imam sampai salam, maka dihitung pahalanya sholat satu malam suntuk." (HR. Abu Daud)

 

Berikut ini terdapat manfaat dan keutamaan dari melaksanakan salat tarawih. 

 

1.Bisa Menghapus Dosa Masa Lalu

 

Tak bisa dipungkiri ibadah puasa tanpa melaksanakan sunah-sunahnya seperti salat tarawih bagaikan makanan yang hambar. Siapa saja yang melaksanakan salat tarawih, ternyata bisa menghapus dosa masa lalu. Puasa dan salat tarawih merupakan suatu kelengkapan atau satu paket. Nabi Muhammad SAW bersabda:

 

Yang artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA).

 

2. Pahalanya Bagaikan Salat Qiyamul Lail Semalam Penuh

 

Manfaat dari salat tarawih berikutnya ialah mendapatkan pahala seperti salat semalaman penuh dan salat tarawih sebaiknya dilakukan secara berjamaah, walaupun itu di rumah. Hal tersebut seperti yang telah disabdakan Rasulullah SAW, 

 

“Siapa yang salat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

 

Bulan Ramadhan merupakan momentum yang berharga untuk menimba pahala sebanyak-banyaknya. Ketika kita dengan rutin menjalankan ibadah salat tarawih maka pahala yang kita dapatkan seperti kita melakukan qiyamul lail semalam penuh. 

 

3. Mempererat Silaturrahmi 

 

Dengan kita menjalankan salat tarawih di masjid kita bisa lebih mempererat tali silaturahmi dengan sesama muslim yang lain. Ketika salat tarawih berjamaah, hati kita akan merasa lebih nyaman dan tenang. Dengan melaksanakan salat sunnah tarawih di masjid kita bisa lebih sering bertemu dengan sesama muslim yang lain dan tali silaturrahmi akan semakin erat. 

 

4. Membuat Suasana Masjid Lebih Hidup dan Hikmat

 

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu untuk umat muslim selain melaksanakan ibadah puasa yaitu ibadah salat tarawih. Karena salat tarawih di masjid bisa membuat suasana masjid menjadi lebih hikmat dan ramai namun terasa damai. Dan perlu diketahui juga bahwa orang yang melaksanakan salat tarawih berjamaah akan mendapatkan keutamaan pahala lebih banyak sebanyak 27 derajat, seperti yang dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW. 

 

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari).

 

Itulah beberapa manfaat dan keutamaan yang bisa kita dapatkan ketika kita menjalankan salat sunnah tarawih di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. 

 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

4 minggu yang lalu