Home / Rubrik / Berita

Para Santri Ponpes Darul Falah Bahagia Karena Dapatkan Bantuan Sarana Prasarana dari Rumah Yatim Jabodetabek

gambar-headline
Pandeglang, Banten Post Views: 9

Pada Jum'at, (02/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek berhasil menyalurkan bantuan sarana dan prasarana untuk Pondok Pesantren Darul Falah.

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Program bantuan sarana dan prasarana tersebut disalurkan secara langsung oleh tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek di Pondok Pesantren Darul Falah yang beralamat di Desa Cikadu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Pandeglang, Banten. 

 

Dengan bantuan yang diberikan adalah bantuan sarana prasarana berupa material bangunan dan uang tunai yang akan digunakan untuk renovasi Pondok Pesantren Darul Falah.

 

Keadaan Pondok Pesantren Darul Falah sangat memperhatikan karena di usianya yang ke-35 tahun nyaris belum terdapat perubahan dari segi bangunan fisik, bahkan renovasi atau perbaikan juga terkendala biaya. 

 

Perjuangan 33 orang santri demi memperoleh ilmu, begitu miris terlebih lagi tempat mereka untuk bersuci sangatlah kurang layak, hanya berdirikan kain bekas dan tepat berada di atas kolam, sedangkan lantai kayu yang keropos sering membuat terpeleset karena licin. 

 

Selain dari kondisi MCK yang sudah rapuh, kualitas air di sana juga kurang bersih. Terlihat berwarna kecoklatan dan terkadang tercium bau kurang sedap. Tempat MCK yang seperti kolam besar ini hanya ada pada saat musim hujan, sedangkan pada saat musim kemarau para santri lebih mengalami kesusahan karena harus berjalan sejauh 1,5 KM pergi sungai.

 

Kondisi bangunan pondok tempat mereka tinggal juga tidak jauh berbeda. Sudah terlihat kurang layak, dinding bilik, lantai bambu, dan atapnya juga sudah banyak yang bolong pada saat hujan para santri tidak merasa nyaman sebab harus terkena air bocoran hujan dan udara dingin yang masuk ke lewat celah bilik. 

 

Para santri yang belajar di Pondok Pesantren Darul Falah ini kebanyakan dari kalangan keluarga kekurangan dan anak-anak yatim, sengaja mereka tampung untuk memberikan pendidikan tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. 

 

Dengan diberikannya bantuan sarana prasarana ini para santri di Pondok Pesantren Darul Falah sangat bahagia sekali karena akhirnya pondok pesantren mereka akan direnovasi menjadi lebih baik dan nyaman. 

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk Pondok Pesantren Darul Falah serta menjadikan pahala mengalir untuk para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 bulan yang lalu