Home / Rubrik / Berita

Amalan dan Doa Ketika Hujan Turun Agar Kita Mendapatkan Berkah

gambar-headline
Indonesia Post Views: 132

Rasulullah SAW adalah sosok panutan bagi seluruh umat muslim. Setiap hal yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW bisa dijadikan amalan sunnah seperti pada saat hujan turun. Amalan saat hujan turun akan membawa keberkahan dan keutamaan untuk umat muslim yang menjalankannya. 

 

Seperti yang kita ketahui hujan merupakan nikmat Allah SWT yang diturunkan dari langit ke bumi. Allah SWT menumbuhkan aneka ragam tumbuhan dengan subur dan mengisi aliran sungai melalui hujan. 

 

Hujan juga bukan hanya membawa nikmat dan rahmat Allah SWT saja, tetapi hujan juga merupakan waktu yang tepat untuk terkabulnya doa. Berdoa ketika hujan merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan. 

Rasulullah SAW bersabda,

 

"Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika turun hujan." (HR Al Hakim)

 

Di bawah ini beberapa amalan yang dapat dikerjakan ketika turun hujan:

 

1. Berdoa ketika hujan

Hendaklah kita memanjatkan doa pada saat turun hujan, karena pada saat hujan turun Nabi Muhammad SAW mengucapkan "Allahumma shayyiban nâfi'an" (ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan).

 

Rasulullah SAW bersabda,

Dari Sayyidina Abu Hurairah RA beliau berkata: Aku mendengar Nabi SAW bersabda: Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya. (HR. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad) )

 

2. Menyingkap pakaian

Rasulullah SAW menyingkapan pakaiannya ketika hujan sampai rintik-rintik nya membasahi sebagian badannya. Hal tersebut dilakukan sebab Nabi Muhammad SAW ingin menunjukkan bahwa hujan ialah termasuk rahmat dari Allah SWT. 

 

Diriwayatkan (Imam) Muslim dalam kitab Shahihnya, dan (Imam) Abu Dawud, dari Anas, ia berkata: Nabi ketika melihat hujan, beliau membuka bajunya. (Riwayat lain dari Imam) Abu Dawud, (Anas) bekata: Nabi menyingkap pakaiannya hingga terkena guyuran hujan. Kami berkata: Ya Rasulullah, kenapa engkau berbuat seperti ini? Rasulullah menjawab: Karena hujan merupakan rahmat yang diberikan Allah.

 

3. Panjatkan doa ketika melihat awan hitam

Nabi Muhammad SAW akan segera mungkin meninggalkan semua pekerjaannya dan langsung membaca doa berikut. (HR Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Imam al-Baihaqi):

وروت عائشة رضي الله عنها أن النبي صلي الله عليه وسلم كان إذا رأي ناشئا في أفق السماء ترك العمل, وإن كان في الصلاة ثم يقول: ((اللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا)) فإن أمطرنا قال: (اللهُمَّ صَيِّبًا هَنِيْئًا)

 

Artinya: Diriwayatkan Sayyidah Aisyah RA sesungguhnya Nabi SAW ketika melihat awan hitam di langit, beliau langsung meninggalkan pekerjaan, meskipun beliau sedang melakukan shalat, kemudian berucap: Allahumma innî a'ûdzu bika min syarrihâ. (ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini).

 

Pada saat hujan turun kita bisa membaca doa berikut ini. 

 

1. Doa ketika Turun Hujan

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَيِّبًا نَافِعًا

 

Arab-latin: Allahummaj'alhu shayyiban naafi'an.

 

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah hujan ini bermanfaat."

 

2. Doa ketika Hujan Disertai Petir

Menurut hadits Imam Malik, Rasulullah SAW pernah membaca doa ketika hujan yang disertai petir:

 

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

 

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: "Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbillah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya."

 

3. Doa Supaya Hujan Berhenti

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الأَكَامِ وَالظِرَابِ وَبُطُوْنِ الأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

 

Arab-latin: Allaahumma hawaa laynaa wa laa 'alaynaa. Allaahumma 'alal-aakaami wazh-zhiraabi, wa buthuunil-awdiyati wa manaabitisy-syajar.

 

Artinya: "Ya Allah, hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah, berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit dasar lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."

 

Doa itu berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, ia menceritakan, "Ada sekelompok orang datang kepada Rasulullah SAW dan meminta agar beliau berdoa supaya hujan berhenti.

Rupanya hujan tersebut telah berlangsung selama satu minggu sehingga hewan ternak mereka terancam mati dan jalanan pun terputus. Rasulullah SAW lalu berdoa dengan doa ini dan hujan pun berhenti." (HR Bukhari no. 1014).

 

Itulah beberapa amalan yang bisa kita lakukan pada saat turun hujan dan kita bisa membaca doa-doa yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW pada saat hujan. 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu