Home / Rubrik / Berita

Insomnia Merupakan Salah Satu Tanda Overdosis Garam

gambar-headline
Bandung Post Views: 25

Garam yang mengandung natrium dan sodium adalah salah satu jenis bumbu penyedap yang paling sering digunakan orang-orang untuk menambah cita rasa makanan.

Meskipun bermanfaat bagi tubuh, ternyata mengonsumsi garam secara berlebihan atau overdosis bisa menimbulkan beragam dampak buruk untuk kesehatan, salah satunya menyebabkan insomnia atau gangguan tidur.

 

Terlalu banyak mengonsumsi garam, terutama sebelum tidur dapat memicu gangguan tidur. Salah satu tandanya adalah tidur gelisah, sering terbangun di malam hari, mendengkur atau sleep apnea, retensi cairan dalam tubuh, hingga kurang istirahat di pagi hari.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi natrium tidak lebih dari 2.000 mg atau setara satu sendok teh garam per hari. Sebab, tubuh hanya membutuhkan sedikit natrium.

 

Selain gangguan tidur, ternyata banyak sekali dampak buruk yang akan terjadi jika mengonsumsi garam berlebihan seperti sakit kepala ringan, hipertensi, kanker, gangguan fungsi ginjal, osteoporosis, pembengkakan pada bagian tubuh, menurunnya kemampuan kognitif, risiko penyakit kardiovaskuler seperti jantung koroner, gagal jantung, dan stroke.

 

Untuk mengatasi overdosis garam, kita harus melakukan diet tinggi garam seperti mengatur asupan garam dan menghindari makanan olahan. 

 

Yuk mulai sekarang kita atur asupan garam yang masuk dalam tubuh, agar tubuh tetap sehat serta terhindar dari gangguan tidur.

 

 

 

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu