Home / Rubrik / Berita

Tips Menyambut Bulan Dzulqa'dah

gambar-headline
Indonesia Post Views: 128

Bulan Dzulqa'dah termasuk dalam salah satu di antara empat bulan yang dimuliakan (asyhurul hurum). Tiga bulan lainnya diantaranya yaitu Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

 

Hal tersebut dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat At-Taubah (9) ayat 36).

 

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diagungkan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab)”

 

Imam At-Thabari mengatakan dalam tafsirnya bahwa bulan Dzulqa'dah ialah bulan haram, yaitu bulan yang dijadikan oleh Allah SWT sebagai bulan yang suci lagi diagungkan kehormatannya. Pada bulan Dzulqa'dah ini terdapat amalan-amalan baik yang siapa saja mengerjakannya maka dilipatgandakan pahalanya. 

 

Seringkali bulan Dzulqa'dah ini terlupakan oleh banyak orang, karena jarang adanya momen yang dirayakan oleh umat Muslim. Akan tetapi karena demikian yang menjadi kelebihan dari bulan Dzulqa'dah. 

 

Disini akan diberikan tips tips menyambut bulan Dzulqa'dah dengan melakukan berbagai amalan kebaikan. Mengingat keberadaan bulan Dzulqa'dah dengan berbagai macam kelebihannya penting agar diketahui umat Islam untuk dapat mengisinya dengan ibadah terbaik sekaligus memperoleh pelajaran berharga. Kita bisa melakukan amalan seperti diantaranya:

 

1. Memperbanyak ibadah puasa

Pada bulan Dzulqa'dah umat Muslim sebaiknya memperbanyak ibadah sunnah seperti puasa. Puasa yang bisa kita jalankan yaitu puasa sunah Ayyamul Bidh, puasa Senin Kamis dan puasa Daud.

 

2. Memperbanyak shalat sunah

Kita juga bisa melakukan amalan yang dapat memperbanyak pahala, bisa dengan melaksanakan amalan shalat sunah seperti shalat dhuha, shalat malam, shalat taubat, dan lain-lainnya.

 

3. Memperbanyak dzikir

Di bulan Dzulqa'dah kita harus sering mengingat Allah SWT dengan cara berdzikir. Kegiatan tersebut sangat dianjurkan di bulan Dzulqa'dah ini.

 

4. Ibadah umrah

Ternyata Rasulullah SAW sering menjalankan ibadah umrah pada bulan Dzulqa'dah. Akan tetapi, ketika kita belum bisa melaksanakan ibadah umrah, jangan khawatir, kita bisa menggantinya dengan niat dan juga melaksanakan ibadah lainnya seperti menuntut ilmu agama dan membaca Al Qur'an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

5. Berbuat kebaikan terhadap orang lain

Kita harus memperbanyak amal saleh dengan berprilaku baik kepada orang lain, yang dapat memberikan manfaat kepada mereka.

 

Kita bisa melakukan sedekah, berbuat baik kepada orang tua, keluarga, saudara, kasih sayang antara suami, istri, dan anak-anak, niscaya dengan melakukan kebaikan tersebut pada bulan ini, pahalanya akan berlipat ganda.

 

Itulah beberapa tips dengan melaksanakan beberapa amalan pada bulan Dzulqa'dah yang bisa mendapatkan ganjaran yang luar biasa oleh Allah SWT.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 minggu yang lalu