Home / Rubrik / Berita

Pola Asuh Terbaik untuk Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

gambar-headline
Indonesia Post Views: 22

Pasti semua orang tua mau mempunyai anak yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Akan tetapi tentunya rasa percaya diri pada anak tidak muncul dengan begitu saja. Semua tergantung dari pola asuh dari orang tuanya. 

 

Orang tua bisa mengerjakannya sejak anak usia 1 tahun, supaya anak bisa menjadi tumbuh dengan memiliki kepercayaan diri. Terdapat pola asuh dan peran orang tua yang penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri khususnya sang ibu yang menghabiskan banyak waktu dengan anak. 

 

Pola asuh orang tua yang terbaik bahkan dari anak berusia setahun dapat membantu menjadikan anak tumbuh dengan kepercayaan diri yang tinggi. 

 

Dilansir dari Childmind, Child Mind Institute menyatakan bahwa terdapat beberapa cara yang bisa orang tua lakukan demi menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, mulai dari usia 1 tahun, diantaranya ialah sebagai berikut.

 

1. Motivasi Anak untuk Mencoba Hal Baru

Anak telah menguasai apa yang ia pelajari memang bagus, akan tetapi membuat anak mempunyai keterampilan yang baru dapat membuatnya merasa bisa dan mampu. Sehingga kepercayaan diri tumbuh sebab sang anak merasa dirinya bisa belajar hal apapun apabila ia berusaha.

 

2. Tidak Dimarahi Apabila Anak Membuat Kesalahan

Apabila anak menyebabkan kesalahan, Kita sebagai orang tua harus sabar dan tidak boleh memarahinya. Sebisa mungkin kita membantu anak kita untuk memahami bahwa setiap orang pasti membuat kesalahan dan yang paling penting ialah belajar dari kesalahan yang diperbuat. Jangan biarkan anak memiliki perasaan takut untuk gagal. 

 

3. Beri Pujian Setiap Usahanya

Sebagai orang tua harus bersikap bijaksana. Jangan hanya memuji ketika anaknya berhasil namun jangan lupa juga berikan pujian pada saat usahanya tidak berhasil. Hal tersebut dapat memberikan pelajaran bagi sang anak bahwa kepercayaan diri bukan berarti pasti berhasil. Akan tetapi mengenai terus berusaha, tidak menyalahkan diri sendiri dan tidak tertekan apabila tidak berhasil.

 

4. Bantu Anak Menemukan Hal yang Disukainya

Untuk membangun rasa percaya diri anak, orang tua bisa membantu melakukan hal yang disukainya. Apabila sang anak melihat bakatnya berkembang maka hal tersebut bisa memberikan dorongan besar terhadap harga dirinya. 

 

5. Memberikan Contoh Kepada Anak

Orang tua harus memberikan contoh kepada anak tentang sikap percaya diri, paling tidak berikan contoh di depan anak. 

 

Seperti bersikap optimis yang bisa menjadi contoh yang baik bagi sang anak. Akan tetapi sebisa mungkin jangan berpura-pura untuk sempurna, kita harus mengakui mempunyai kelemahan namun bisa tetap selalu percaya diri. 

 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu