Home / Rubrik / Berita

Bantuan untuk Mbah Wutuh, Lansia Sebatang Kara di Tegal yang Bertahan Hidup dengan Jadi Buruh Ngasak Padi

gambar-headline
Yogyakarta Post Views: 3

Hidup sebatang kara ditengah keterbatasan fisik dan ekonomi harus dijalani mbah Wutuh (74), warga Desa Karangmulya, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, 

 

Sudah sepuluh tahun tepatnya setelah suaminya meninggal dunia, ia tinggal seorang diri disebuah gubuk kecil. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mbah bekerja sebagai buruh ngasak padi. Diketahui, Ngasak padi merupakan kegiatan memungut sisa padi yang terjatuh di lahan petani yang sudah panen.

 

Kepada tim Rumah Yatim Jawa Tengah, mbah Wutuh bercerita jika ia diupah satu liter beras dari kegiatan mengasak nya. Pekerjaan ini tidak didapat mbah setiap hari sehingga ia harus berhemat agar bisa tetap makan sembari menunggu ada warga yang meminta jasanya mengasak padi.

Mbah pun melanjutkan jika dirinya tidak bisa bekerja terlalu lama dikarenakan sering sakit dibagikan kaki. "Kalo kaki sakit atau sakit kepala mbah cuman bisa istirahat di rumah, mbah ga bisa beli obat karena uangnya sering ga ada. Kalau ada pun mbah akan belikan beras untuk makan," ucapnya.

 

Merespon hal tersebut, Rumah Yatim cabang Jawa Tengah melalui tim relawannya memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai untuk mbah Wutuh.

Bantuan tersebut merupakan hasil dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id . 

 

"Alhamdulillah mbah Wutuh sangat senang ketika menerima bantuan ini. Kata beliau baru kali ini dirinya menerima bantuan dengan jumlah yang banyak. Beliau juga mengatakan akan menggunakan bantuan ini untuk membeli sembako, perlengkapan mandi mencuci, lauk pauk dan sisanya disimpan untuk keperluan lainnya," ujar Jajang Khoeruman, kepala cabang Rumah Yatim Yogyakarta.

Ia berharap bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat, berkah dan bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup mah Wutuh selama beberapa bulan kedepan.

"Mudah-mudahan bantuan ini pun bisa menjadi berkah, kebaikan dan ladang pahala untuk para donatur yang telah memberikan bantuan ini melalui perantara Rumah Yatim, " terangnya.


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu