Home / Rubrik / Berita

Mengenal Apa Itu Self Sabotage, Dan Dampaknya Bagi Karir Anda

gambar-headline
Indonesia Post Views: 37

Self sabotage yaitu sebuah tindakan atau pola pikir toxic yang bisa mengakibatkan diri kesusahan dalam mencapai sebuah tujuan dan timbulnya masalah dalam kehidupan sehari-hari.

 

Apabila kita sering mengalami self sabotage maka rasa kepercayaan diri yang kita punya juga akan semakin menghilang. Di saat yang sama perasaan berkecil hati, tidak layak, insecure dan sejenis itu akan semakin berkembang. 

 

Maka dengan meningkatnya intensitas self sabotage bisa mempengaruhi terhadap karir seseorang. 

 

Dengan tanpa kita sadari ternyata banyak sekali bentuk self sabotage yang sering kita laksanakan. 

 

Seperti menunda pekerjaan, terlalu perfeksionis, melukai diri sendiri, negatif thinking dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa merugikan diri sendiri. 

 

Self sabotage dapat mempengaruhi perkembangan karir seseorang. Namun untuk bisa lebih memahaminya berikut terdapat beberapa dampak dari self sabotage pada karir seseorang. 

 

1. Terhambatnya penyelesaian tugas

Salah satu tindakan yang menggambarkan sel sabotage adalah kebiasaan menunda pekerjaan atau prokrastinasi. Kegiatan tersebut bukan hanya menunda untuk memulai mengerjakan tugas, tetapi juga menunda dalam penyelesaian tugas, bahkan dalam pengumpulan tugas sekalipun. Oleh sebab itu salah satu dampak buruk dari self sabotage adalah bisa menghambat penyelesaian tugas. 

 

2. Citra buruk

Tindakan self sabotage yang sudah dijelaskan di atas merupakan perilaku-perilaku negatif. Perilaku dan pola pikir negatif tersebut yang akan memberikan penilaian dari orang lain, baik dari rekan kerja, bawahan, ataupun atasan sekalipun. Oleh sebab itu, self sabotage juga dapat memberikan dampak buruk seperti citra buruk pada diri sendiri. 

 

3. Susah mendapatkan promosi

Tindakan self sabotage seperti pekerjaan yang sering tertunda, pola pikir negatif, sampai hubungan yang tidak baik antar karyawan, akan menjadikan atasanmu berpikir kembali untuk memberikan promosi jabatan. 

 

4. Minim relasi

Sebagai seseorang yang berprilaku negatif, tentu tidak banyak orang yang mau berinteraksi dengan dirinya. Apabila kamu mempunyai kebiasaan self sabotage, maka jangan heran akan banyak orang yang menjauhi dirimu. 

 

Sungguh relasi sangat penting bagi perkembangan karir seseorang. Bukan hanya untuk memperoleh nama baik dari atasan, tetapi juga demi membuat diri merasa nyaman selama bekerja.

 

Itulah beberapa dampak buruk bagi orang yang berprilaku self sabotage pada dirinya sendiri. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu