Home / Rubrik / Berita

Pentingnya Asupan Air Putih Saat Jalankan Puasa Ramadhan

gambar-headline
Indonesia Post Views: 16

Selama menjalankan puasa Ramadhan tentu kita harus memperhatikan asupan cairan setiap harinya, supaya tubuh kita tetap terhidrasi. Asupan cairan yang disarankan untuk tubuh selama menjalankan ibadah puasa tidaklah berbeda layaknya hari-hari biasa yakni minimal 8 gelas atau 2 liter. 

 

Berikut ini penjelasan mengenai pentingnya asupan air putih atau manfaat minum air putih ketika menjalankan puasa Ramadhan. 

 

1. Membuat Energi Tetap Stabil

Minum air putih sangatlah penting, terlebih lagi jika menjalankan ibadah puasa. Dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh saat menjalankan puasa Ramadhan dapat menyebabkan kelemahan otot, dampaknya kita akan merasa gampang lelah, lemas dan kehilangan energi. Dengan mengkonsumsi air putih atau air mineral dengan kandungan kalium yang memiliki peran penting dalam mengaktifkan otot dan saraf. 

 

2. Menjaga Metabolisme Tubuh Tetap Baik

Dengan asupan cairan harian yang cukup selama berpuasa membuat metabolisme tubuh kita selalu terjaga. Hal itu sebab kandungan mangan, krom dan magnesium yang terdapat pada air mineral dapat membantu metabolisme nutrisi yang diperoleh dari makanan yang kita konsumsi saat sahur dan buka puasa bisa lebih optimal. 

 

Walaupun begitu tetap pastikan untuk selalu aktif bergerak dan rutin olahraga, agar metabolisme tubuh kita meningkat. Bukan hanya itu istirahat yang cukup juga harus dilakukan dan konsumsi makanan sehat dan sebisa mungkin untuk hindari stres. 

 

3. Mampu Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Selain dari menjaga metabolisme tubuh kita, asupan cairan yang cukup saat menjalankan ibadah puasa juga dapat membuat kesehatan saluran pencernaan terjaga. Karena tidak sedikit orang yang mengeluhkan tentang penyakit maag dan sembelit ketika menjalankan ibadah puasa. 

 

4. Bisa Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu tanda dari kita mengalami dehidrasi adalah kulit yang kering. Itu sebabnya kita harus selalu minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya, untuk membuat kesehatan kulit kita terjaga dari dalam. Terutama ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 

 

Itulah mengapa pentingnya asupan air putih yang cukup ketika menjalankan ibadah puasa Ramadan, karena memiliki banyak sekali manfaat dan mampu menjaga kesehatan tubuh kita. 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 minggu yang lalu