Dua bersaudara Yatim Sempat Kesulitan Makan di Tengah Pandemi dan Ramadhan

Dua bersaudara Yatim Sempat Kesulitan Makan di Tengah Pandemi dan Ramadhan

Terharu dan senang dua ekspresi yang perlihatkan Al-Ghifari (10) dan Muhidin (13). Kakak beradik yatim saat menerima bantuan ifthar Ramadhan Rumah Yatim Area Kalimantan, Sabtu (16/5) lalu, di kediamannya, di Jalan Barito Hulu, Gang 1, RT 26, RW 03, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah, terima kasih banyak, bantuan ini akan kami gunakan untuk makan saat buka puasa dan sahur nanti,” ungkap Muhidin.

Bagi dua bersaudara itu, momentum ramadhan kali ini terasa berbeda, karena tanpa sosok ayah yang menjadi panutan. Saat ini mereka tinggal bersama sang ibu yang bekerja sebagai tukang urut. Namun, di masa pembatasan ini ibunya tidak bisa bekerja seperti biasa. Meski demikian, segala cara dicoba, demi tetap bisa makan dan bertahan hidup.

“Selama ada pandemi ini kami tidak ada pemasukan, untuk makan saja dari tetangga, rumah pun menumpang,” ungkap Sumarni, ibu dari dua anak laki-laki tersebut, kepada relawan Rumah Yatim.

Sejak ditinggal mendiang ayahnya, sang ibu menjadi tulang punggung keluarga. Bahkan ibu nya mengaku di masa pandemi ini jarang sekali ada yang menggunakan jasa urutnya. Sehingga berimbas pada satu-satunya mata pencaharian tersebut. Padahal lewat jasa urut ini lah mereka menggantungkan hidupnya. Berbagai upaya dilakukan ibu nya demi anak-anaknya tidak kelaparan.

Hingga akhirnya usaha pun berujung hampa. Keluarga tersebut hanya bisa mengandalkan pemberian tetangga untuk bertahan hidup di masa pandemi. Tidak banyak yang diharapkan dua bersaudara itu, cukup bisa makan dengan tenang bersama sang ibu disebuah rumah sepetak kayu di wilayah padat penduduk.

Kedua bersaudara yatim tersebut merupakan satu dari ribuan kelaurga yang saat ini terdampak akibat Covid-19. Hingga kini sedikitnya sebanyak 65 persen dari 50.000 paket bantuan ifthar dan sahur telah disalurkan Rumah Yatim di 20 provinsi di Indonesia.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend