Kembali Jalani Kontrol dengan Dokter Bedah Saraf, Ayu Akan Operasi Kedua

Ayu Dia Inara, balita penderita hidrosefalus kembali menjalani kontrol lanjutan usai menjalani operasi beberapa waktu lalu, dengan dokter bedah saraf, di Rumah Sakit Melinda 2, Kota Bandung, Selasa (23/4). Kontrol lanjutan ini untuk menjalani serangkaian pemeriksaan agar mengetahui perkembangan kondisi Ayu pasca operasi.

Hasil pemeriksaan disampaikan oleh Dokter Bedah Saraf Bilzardy melalui tim medis Rumah Yatim Zulfa, berat badan Ayu mengalami peningkatan menjadi 5,1 kg. Namun ukuran lingkar kepalanya mengalami penambahan menjadi 50,5 cm. Hal itu disebabkan oleh volume cairannya semakin bertambah banyak.

“Kalau kata dokter Bilzardy, produksi cairannya semakin banyak, insya Allah akan dilakukan operasi kedua,” ungkap Zulfa.

Kemudian tindakan selanjutnya dari dokter, kata dia, harus dilakukan operasi kedua pemasangan selang VP Shunt di kepala sebelah kirinya. Karena pada operasi pertama di kepala sebelah kanannya. Namun untuk operasi kedua ini harus menunggu pemulihan operasi pertama, kemungkinan rentang waktunya selama enam bulan ke depan.

Sebelum operasi kembali, lanjut dia, akan dilakukan pemeriksaan CT scan terlebih dahulu. Hal ini untuk melihat seberapa banyak kadar atau volume cairan yang bertambah. Lebih lanjut Bilzardy mengatakan, Ayu harus kontrol satu bulan sekali.

“Pemeriksaan hari ini sudah dicabut jaitannya, dan harus kontrol lagi satu bulan ke depan. Nanti hasil kontrolnya mudah-mudahan berat badan Ayu terus bertambah. Mohon doa dan dukungannya untuk Ayu agar bisa kembali pulih,” tutur Zulfa.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend