Lihat Kondisi Pasca Gempa, Rumah Yatim Kunjungi Balaroa

Reruntuhan bangunan yang rusak dan menggunung menjadi pemandangan awal kedatangan tim relawan Rumah Yatim ke Perumnas Balaroa, Kota Palu Barat, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10). Kunjungan dalam rangka untuk melihat situasi dan kondisi wilayah tersebut pasca gempa akhir September lalu.

Menurut pantauan tim relawan di lapangan, dulunya wilayah Balaroa ini adalah perumahan warga yang berada di sebelah barat Kota Palu, kini kondisinya hampir seluruh bangunan hancur luluh lantah akibat diguncang gempa.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Dadan dari salah seorang warga setempat, ketika gempa, bangunan langsung runtuh, kemudian tanah bergoyang dan bergeser, hingga amblas dan tenggelam beberapa meter ke bawah. Selang beberapa menit kemudian, ada api dan asap mengepul hingga menimbulkan kebakaran yang merembet ke beberapa rumah.

“Kondisinya sangat memprihatinkan dan miris, tidak ada yang bisa diselamatkan. Reruntuhan bangunan banyak yang runtuh dan menumpuk,” terangnya saat dihubungi, Kamis (11/10).

Sedangkan, kondisi masyarakat pasca gempa, kata dia, aktivitas ekonomi maupun lainnya menjadi lumpuh, banyak warga yang kehilangan rumah dan keluarganya. Bahkan ada sebagian orang yang belum ditemukan di dalam reruntuhan. Hal itu dikarenakan minimnya alat berat yang ada. Masyarakat meyakini ada beberapa orang yang masih tertimbun karena tidak sempat menyelamatkan diri dan bangunan langsung runtuh.

Kemudian, sambung dia, masyarakat tidak lagi berpikir terkait bantuan yang masuk. Penduduk berharap kepada Rumah Yatim dapat memberikan program bantuan lain, karena menurut salah seorang warga, pasca gempa, masyarakat harus segera bangkit dari keterpurukan, karena kehidupan harus terus berlanjut.

“Masyarakat mulai berpikir lain, kehidupan harus segera diteruskan. Mereka berharap, Rumah Yatim dapat memberikan program bantuan yang lain,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend