Melalui Bantuan Ibnu Sabil, Rumah Yatim Sumut Bantu Para Pemulung Pulang Kampung

Relawan Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara kembali blusukan ke jalanan kota Medan untuk mencari mustahik yang layak menerima bantuan ibnu sabil, Sabtu (31/7) lalu.

Seperti yang disampaikan Relawan Rumah Yatim Sumut Maulida, dalam blusukannya kali ini timnya menyasar kepada para pemulung.

Setelah ditelusuri, banyak pemulung di Medan yang nyatanya bukan asli warga Medan, melainkan warga pendatang yang ingin mencari pekerjaan di kota dengan julukan Paris van Sumatera tersebut.

Namun bukanlah pekerjaan yang mereka dapatkan, melainkan kemalangan. Bekal mereka yang tidak seberapa habis untuk mencari pekerjaan kesana kemari. Saat itu kondisi mereka seperti makan buah simalakama, memilih pulang mereka tak punya uang, memilih bertahan mereka tak punya pekerjaan.

Sampai akhirnya mereka terpaksa memulung demi bertahan hidup sembari mengumpulkan uang untuk pulang kampung

“Dari ke 12 pemulung yang kami ajak ngobrol, mereka ada yang berasal dari Sedikalang Kabupaten Dairi Sumut. Adapula yang berasal dari luar provinsi Sumut seperti dari Bandung dan Kalimantan,” ungkap Maulida, salah satu relawan Rumah Yatim Sumut.

Demi bisa pulang kampung, mereka tidur di jalanan dan makan seadanya. Mereka pun setiap harinya gigih mencari barang bekas seperti kardus, botol, dan masih banyak lagi.

Untuk itu Rumah Yatim cabang Sumatera Utara melalui tim relawanya memberikan bantuan ibnu sabil untuk ke 12 pemulung tersebut. Meskipun tidak banyak, diharapkan bantuan tersebut bisa meringakan beban mereka.

“Semoga progam bantuan ibnu sabil ini setidaknya bisa meringakan sedikit kesulitan mereka, semoga secepatnya mereka bisa kembali ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga mereka tercinta,” Pungkas Maulida.

 

Sinta Guslia

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend