Memulung Menjadi Jalan Bagi Papuk Rumenah Demi Hidupi Kedua Cucu Yatimnya

Di sebuah indekos tak layak huni di Kelurahan Karang Kemong, Kecamatan Cakranegara Barat, Kota Mataram, papuk Rumenah tinggal bersama kedua cucunya yang yatim. Lansia ini hanya berjuang seorang diri, karena telah lama ditinggal cerai oleh suaminya.

Rumah yang sudah lama ia tinggali itu, keadaannya semakin lapuk. Dindingnya hanya terbuat dari bahan triplek bekas dan papan bekas. Kini, sudah mulai bolong-bolong, apalagi atap yang terbuat dari seng. Ketika musim hujan, rumahnya itu sudah pasti kebocoran.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, papuk Rumenah harus memulung plastik dengan berjalan kaki puluhan kilometer. Ia bisa mengumpulkan plastik dalam sehari itu sekitar 5-6 kilogram.

“Itupun ia harus pulang malam. Satu kilo plastik, ia jual dengan harga 2 ribu rupiah saja. Setiap harinya hanya mendapat penghasilan sekitar 10 ribu rupiah,” ujar Kepala Cabang Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat, Hamdani.

Ia menambahkan, apalagi papuk harus membayar indekos sebesar 200 ribu rupiah setiap bulannya. Ditambah, ia juga harus membiayai kedua cucunya yang masih bersekolah.

“Sayangnya, beberapa bulan lalu papuk Rumenah harus terpaksa menyuruh cucunya berhenti sekolah, karena tidak memilki uang. Untuk makanpun sangat kesulitan. Ia sering memungut nasi dari sampah yang kemudian dikeringkan untuk makan ketika beras sudah habis,” paparnya.

Diketahui, Rumenah juga memiliki penyakit gondok yang ia derita sejak melahirkan anak pertama. Melihat kondisi memprihatinkan itu, Rumah Yatim Cabang NTB memberikan bantuan biaya hidup dan sembako, pada Selasa (16/3).

Hamdani menyebut, bantuan ini diberikan agar bisa meringankan beban papuk Rumenah. Harapannya bisa bermanfaat bagi keberlangsungan dirinya dan kedua cucu tersebut.

“Semoga apa yang Rumah Yatim beri dapat bermanfaat. Terima kasih kepada seluruh donatur yang telah berdonasi demi membantu papuk Rumenah,” pungkasnya.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend