Nuh, Anak Asuh Kaliurang Yang Selalu Perhatikan Adab Izin

Meminta izin merupakan salah satu adab yang terus diterapkan pengurus Rumah Yatim pada anak asuhnya. Sebagaimana yang Islam ajarkan pada umatnya untuk melaksanakan adab-adab meminta izin. Adab meminta izin ini berlaku bagi seluruh anak asuh, baik yang masih kecil maupun anak asuh yang sudah besar.

Adab ini tidak hanya dipraktikkan ketika anak asuh akan memasuki kamar pengurus maupun kamar teman asuh, tetapi juga berlaku untuk tempat atau momen yang selayaknya meminta izin. Seperti menggunakan barang, pergi keluar asrama, menyampaikan pendapat dan sebagainya.

Di asrama Rumah Yatim Cabang Kaliurang Yogyakarta, ada anak asuh yang sangat memperhatikan adab-adab izin. Ia adalah Nuh Abdurrasyid (16). Selain Nuh dikenal sebagai anak paling sopan, ia pun dikenal sebagai anak yang selalu memerhatikan adab ini.

Dikatakan Nurma selaku ibu asrama, Nuh tidak akan berani mengambil makanan di dalam kulkas sebelum mendapat izin.  Jika anak asuh lain terkadang lupa meminta izin hanya untuk mengambil cabe rawit, Nuh tidak begitu. Ia pasti meminta izin terlebih dahulu.

” uh juga selalu izin kalau pengen ke warung, jika saya atau Abi sedang tidak ada di asrama, ia akan menunggu sampai kami ada,” ungkap Nurma,  Selasa (4/12).

Nuh sudah menjadi contoh baik bagi anak asuh dalam menanamkan perilaku kebaikan dan diaplikasikan dalam kehidupannya. “Semoga kebaikan yang ada dalam dirinya dapat memberikan contoh kepada teman–temannya,” pungkas Nurma.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend