Ratusan Orang di Aceh Terima Manfaat Qurban Rumah Yatim

Sehari selepas shalat Idul Adha, Rumah Yatim Cabang Aceh melaksanakan kegiatan qurban. Pelaksanaan penyembelihan dilakukan di sekitar Kantor Cabang Rumah Yatim Aceh, Jalan Residen Danubroto No. 15, Geuceu Komplek, Banda Raya, Kota Banda, Kamis (23/8). Seluruh hewan merupakan penitipan sejumlah donatur kepada Rumah Yatim.

Sebanyak 14 ekor hewan terdiri dari sapi dan kambing disembelih pada hari kedua lebaran qurban tersebut. Selain itu, qurban juga dilaksanakan Rumah Yatim Cabang Aceh di daerah Sigli, dan pulau Aceh di daerah perbatasan di Gempong Deudap. Selain itu, hasil daging qurban tersebut dibagikan kepada 400 orang fakir dan miskin.

“Untuk penyalurannya didistribusikan ke daerah-daerah atau pedalaman,” papar Dewi, selaku relawan Rumah Yatim Bali, saat dihubungi Jumat (24/8) malam.

Sejumlah daerah yang mendapat manfaat qurban Rumah Yatim Cabang Aceh, di antaranya Gemping Imong Siribee (Lhoong) Indra Putri, Darussalam, Lamdingin, dan Lampaku. Menurut Dewi, hari raya qurban ini juga merupakan satu cara untuk meneladani kisah Nabi terdahulu. Hal itu, lewat qurban diajarkan tidak boleh sombong dan merasa harta milik pribadi seorang.

“Begitupun manusia saat ini dengan menunaikan qurban insya Allah, akan dibalas dan diganti rezeki dan pahalanya dari setiap helai bulu yang diqurbankan,” terangnya.

Kegiatan qurban ini, sambung dia, diharapkan bisa berlangsung di tahun berikutnya. Pasalnya, masih banyak masyarakat kurang mampu yang belum tersentuh. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang sudah memercayakan hewan qurbannya.

“Mudah-mudahan Rumah Yatim bisa memberi yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend