Relawan Rumah Yatim Survei Korban Banjir Kabupaten Konawe Utara

Relawan Rumah Yatim tengah melakukan survei ke lokasi terdampak banjir di Kecamatan Asera dan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Minggu (23/6). Survei dilakukan untuk memberikan bantuan bagi korban banjir di lokasi tersebut.

Menurut relawan Rumah Yatim, Deni Rustandi, di lokasi survei hanya tersisa 10 hingga 15 bangunan dan lumpur setinggi hampir 50 sentimeter. Selain itu, masyarakat atau korban banjir sebagian besar tengah berada di lokasi pengungsian di daerah tersebut. Hal itu, dikarenakan hampir seluruh bangunan rumah milik warga hanyut terbawa banjir.

“Di sini kebutuhan logistik sebenarnya sudah ada, tapi mereka butuh alat-alatnya untuk memasak dan kebutuhan untuk anak-anak,” papar Deni, saat diwawancarai jurnalis Rumah Yatim.

Kondisi di Asera dan Andowia sendiri termasuk paling parah di antara tiga kecamatan lainnya. Namun, untuk seluruh titik banjir di Kabupaten Konawe Utara sendiri berjumlah 13 lokasi. Seluruhnya tersebar di lima kecamatan, dua di antaranya Asera dan Andowia.

Ia mengungkapkan, ketinggian air saat ini memang sudah surut namun lumpur sisa banjir masih menggenangi jalan-jalan dan rumah warga. Hal itu, menyulitkan dirinya beserta relawan lain menuju lokasi bencana. Ditambah lagi, kata dia, jalur untuk membeli kebutuhan logistik jaraknya sangat jauh.

“Di sini bisa dibilang terpencil jauh dari kota, kami ke sini bisa sampai karena pakai sepeda motor, kalau mau beli kebutuhan bisa sampai tujuh jam perjalanan,” kata Deni.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend