Rumah Hanyut, Korban Banjir di Konawe Utara Dapat Bantuan

Banjir yang merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe Utara pada awal Juni lalu mengakibatkan sejumlah pilu. Ribuan masyarakat harus mengungsi ke sejumlah lokasi karena rumah yang hanyut terbawa oleh air. Uluran tangan dari masyarakat luas masih sangat dibutuhkan, salah satunya para korban yang berada di Kecamatan Asera dan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, yang telah dikunjungi relawan Rumah Yatim, Minggu (23/6).

Sesampainya di lokasi, tim relawan disambut oleh lumpur dengan ketinggian hingga 50 sentimeter. Akses yang sulit menuju lokasi juga menjadi kendala awal perjalanan tim relawan ke tempat tersebut. Selain itu, sejumlah masyarakat terlihat masih bertahan di bangunan yang tidak hanyut.

“Di sini termasuk paling parah, ya kira-kira sekitar 300 rumah yang hilang kata informasi yang didapat kami,” papar Deni Rustandi, relawan Rumah Yatim.

Ia mengatakan, kedatangannya bersama relawan lainnya untuk memberikan bantuan bagi para korban. Karena, menurut informasi yang didapatnya, masih banyak korban banjir yang sulit mendapatkan kebutuhan peralatan tambahan untuk mengolah logistik pangan yang ada.

“Temuan kami, mereka sangat membutuhkan alat-alat masak dan dapur, khususnya yang masih bertahan di rumahnya, karena untuk logistik pangan terlihat sangat cukup dari relawan lain tapi alat masaknya tidak ada,” paparnya.

Dari hasil temuan tersebut, Deni berencana akan memberikan sejumlah keperluan dan kebutuhan bagi para korban. Terutama perlengkapan dapur dan keperluan anak-anak. Walaupun, kata dia, kendala lainnya terdapat pada lokasi pembelian kebutuhan-kebutuhan tersebut.

“Insya Allah Rumah Yatim akan memberikan bantuan di lokasi yang telah kami survei ini, paling nanti kami pikirkan cara untuk membeli kebutuhannya karena akses yang sangat jauh dan sulit,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend