Rumah Yatim Akan Dorong Ekonomi Masyarakat Lebak Pasca Tsunami

Relawan Rumah Yatim Regional Jabodetabek kembali mendatangi daerah yang sempat tersapu tsunami di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Jumat (22/2). Kedatangan tim dimaksudkan untuk assessment program usaha ekonomi produktif di daerah tesebut. Hal ini guna mendorong kekuatan pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat.

Menurut salah seorang relawan Rumah Yatim Regional Jabodetabek, Ali Ridwan, wilayah Sumur menjadi sasaran utama dalam program tersebut. Hal itu karena termasuk ke dalam wilayah terparah pasca tsunami Selat Sunda lalu. Sejumlah temuan, kata dia, menjadi dasar bantuan program ini direalisasikan di daerah tersebut. “Banyak masyarakat yang belum jelas secara ekonomi, tidak bekerja, dan tidak bisa apa-apa,” paparnya.

Di daerah tersebut, sambung Ali, kerugian secara materi maupun lainnya sangat terasa. Salah satunya, terputus mata rantai para pedagang ekonomi kelas bawah. Kondisi tersebut, menyebabkan masyarakat sangat memprihatinkan. Bahkan, kata dia, salah satu korban harus bersusah payah untuk memenuhi kebutuhan harian dan makan. “Masyarakat harus bersusah payah karena tidak ada modal usaha maupun untuk bekerja,” ungkapnya.

Ali menambahkan, dari kunjungannya tersebut dirinya bersama tim baru mendapatkan lima orang yang benar-benar layak dibantu dan membutuhkan. Menurutnya, di luar itu semua kemungkinan masih banyak masyarakat yang membutuhkan. Harapannya, pada realisasai program tersebut bisa mendorong ekonomi masyarakat pasca tsunami lalu.

“Kami mencoba bersinergi, dan kami langsung bisa menyentuh masyarakat yang ada di sana, yang betul-betul butuh untuk usaha,” tuturnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend